Sejarah Piala AFF dan Daftar Juaranya

Penulis: - Nov 13, 2021
Sejarah  Piala AFF dan Daftar Juaranya

 

Mampukah Indonesia Juara? di turnament Piala AFF . Apakah tahun ini bisa merebut piala AFF untuk pertama kalinya sejak dimulainya tahun 1996. Kita berharap Timnas merebutnya . amiin..

sebelum menyaksikan event akbar di kawasan Asia Tenggara. lebih baiiknya  kita mengetahui sejarah Piala AFF, dan mengetahui daftar pemenang sepanjang pelaksanaaanya.

Piala AFF 2020 sebenarnya dijadwalkan dilangsungkan pada 23 November-31 Desember 2020. Namun, turnamen tersebut diundur satu tahun karena pandemi Covid-19.Tahun ini merupakan edisi ke-13 dari turnamen sepak bola negara-negara anggota ASEAN Football Federation (AFF) tersebut.digelar pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022

Meski digelar pada 2021, nama resmi turnamen tetap Piala AFF 2020 karena alasan sponsor.Adapun, pada Piala AFF 2020, Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam selaku juara bertahan, Malaysia, Kamboja, dan Laos

Sejarah Piala AFF

Kejuaraan AFF (atau lengkapnya Kejuaraan Federasi Sepak Bola Perbarabahasa InggrisASEAN Football Federation Championship; AFF Championship, sebelumnya sempat bernama Piala Tiger dan Piala Suzuki AFF atas alasan sponsor) adalah suatu kejuaraan sepak bola internasional antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Turnamen ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

Piala AFF merupakan turnamen sepak bola dua tahunan dari negara-negara anggota Federasi Sepak Bola ASEAN. Turnamen ini akan menentukan juara sub-benua Asia Tenggara.

Piala AFF kali pertama digelar pada 1996. Saat itu, turnamen diikuti oleh enam negara pendiri AFF ditambah empat tim undangan yang berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Piala AFF edisi pertama dilangsungkan di Singapura dengan 10 peserta. Enam negara pendiri AFF adalah Singapura, Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Sementara itu, empat tim undangan adalah Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Karena alasan sponsor, turnamen tersebut menggunakan nama Tiger Cup atau Piala Tiger. Adapun, sponsor utama turnamen saat itu adalah Asia Pacific Breweries (sekarang bernama Heineken Asia Pacific) yang merupakan produsen bir merek Tiger.

Thailand menjadi juara Piala AFF edisi pertama usai mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 pada pertandingan final. Thailand pun dinobatkan sebagai juara Asia Tenggara.

Piala Tiger dimulai pada tahun 1996 di Singapura. Pada kejuaraan tersebut pertama digelar, Thailand berhasil merebut juara setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 di final.

Piala Tiger 1998 

yang berlangsung di Vietnam melahirkan sebuah kejadian kontroversial di mana pada babak penyisihan, dalam upaya untuk menghindari pertemuan dengan tuan rumah Vietnam di babak berikutnya, Indonesia dan Thailand memainkan sepak bola negatif karena keduanya tidak mempunyai keinginan untuk menang. Ketika skor masih 2-2 menjelang berakhirnya pertandingan, bek Indonesia Mursyid Effendi dengan sengaja mencetak gol bunuh diri dengan menendang bola ke gawangnya sendiri sehingga skor menjadi 3-2 untuk kemenangan Thailand. Kedua tim akhirnya didenda karena telah "merusak semangat sepak bola" dan Mursyid sendiri dilarang bermain dalam sepak bola internasional seumur hidup. Juara pada tahun 1998 adalah Singapura yang mengalahkan Vietnam di babak final dengan skor 1-0.

Dari 1996 hingga 2002, Piala AFF menggunakan format round robin dengan final satu leg di negara tuan rumah.

Piala Tiger 2000 & 2002

terjadi final "el clasico ASEAN" yang semuanya dimenangkan Thailand setelah berturut-turut mengalahkan Indonesia di final. Sejak Piala Tiger 2002 Piala Tiger mulai diselenggarakan di dua negara. Di edisi 2002, Indonesia dan Singapura sama-sama jadi tuan rumah. Namun untuk fase knock-out, semua pertandingan dilaksanakan di Indonesia

 babak semifinal dan final mulai diselenggarakan dengan sistem tandang-kandang untuk lebih memopulerkan kejuaraan ini. Piala Tiger kali ini juga mencatat keikut sertaan Timor Leste dalam kejuaraan ini untuk pertama kalinya. Piala Tiger 2004 direbut Singapura yang mengalahkan Indonesia di final kandang dan tandang. Nama Piala Tiger tetap digunakan sebagai nama turnamen hingga tahun 2004. Setelah Asia Pacific Breweries mundur sebagai sponsor utama, nama resmi turnamen diubah menjadi AFF Championship pada 2007.
Kejuaraan Sepak Bola ASEAN 2007 diadakan di Singapura dan Thailand dan kembali dijuarai Singapura setelah mengalahkan Thailand pada final di kandang Singapura dan bermain imbang di kandang Thailand.

Piala Suzuki AFF 2008 diadakan di Indonesia dan Thailand yang kali ini dijuarai Vietnam yang mengalahkan Thailand pada final di kandang Thailand dan bermain imbang di kandang Vietnam.

Piala Suzuki AFF 2010 kembali diadakan di Indonesia bersama dengan Vietnam. Pada edisi ini, juara bertahan Vietnam gagal mempertahankan gelarnya, di mana Malaysia menjadi juara, setelah mengalahkan Indonesia dengan agregat skor 4-2 (menang 3-0 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, kemudian kalah 1-2 di kandang Indonesia, Stadion Utama Gelora Bung Karno).


Data Pemenang