PERJALANAN PEREBUTAN PIALA THOMAS

Penulis: - Oct 27, 2021
PERJALANAN PEREBUTAN  PIALA THOMAS

 

Pertama mari ucapkan selamat atas perjuangan Pahlawan Olahraga yang baru saja merebut kembali Piala Thomas  yang Penantian panjang selama 19 tahun .Tim Beregu Bulu tangkis Indonesias  berhasil Membawa pulang Piala Thomas . Pasalnya, lambang supremasi bulu tangkis beregu putra tersebut sudah lama lepas dari genggaman Tim Merah Putih sejak 2002.


terima kasih pahlawanku...!!!

 

Sekarang Jonatan Christie dkk sudah bisa tertawa lepas dan meringankan sedikit tekanan yang selama ini selalu menghantui pikiran mereka setiap kali tampil di Piala Thomas. Berkat keberhasilan ini, Indonesia berhak atas trofi tersebut usai menang 3-0.atas China.

Mengacu pada rekam jejak, Piala Thomas 2020 merupakan gelar ke-14 buat tim beregu putra Indonesia. Sejauh ini baru ada lima negara pengoleksi gelar terbanyak di turnamen bergengsi beregu putra sejak Piala Thomas digelar pada 1949.

Kelima negara itu yakni Indonesia (14), China (10), Malaysia (5), serta Jepang dan Denmark masing-masing satu gelar. Sayangnya, keberhasilan ini tak diikuti tim Uber Indonesia.

Sementara China menjadi negara yang sukses mengawinkan gelar sebanyak tujuh kali. Namun demikian, bagaimana pun penggemar di Tanah Air patut berterima kasih pada para pebulu tangkis yang telah berjuang di Denmark.

Terlebih untuk tim beregu putra Indonesia. Pasalnya, ini merupakan kado istimewa yang akan selalu terekam di hati penggemar olahraga bulu tangkis Tanah Air. Terima kasih para pahlawanku!

 PERJALANAN sejarah Piala Thomas dan Uber sudah berlangsung lama. Keduanya merupakan salah satu turnamen bulu tangkis tertua di dunia. Kedua kejuaraan beregu ini diadakan 3 tahun sekali dengan tahun yang tidak pernah sama. Mulai 1984 Piala Thomas dan Piala Uber diselenggarakan bersamaan sampai kini sehingga memungkinkan satu negara meraih dua trofi pada saat bersamaan.

Piala Thomas

Piala Thomas merupakan pertandingan bulu tangkis Pria yang pertama kali dilaksanakan pada 1948-1949. Sir George Alan Thomas,

legenda bulu tangkis asal inggris yang juga merupakan mantan presiden BWF menyumbangkan piala untuk kejuaraan ini pada 1939.

Sayangnya perang dunia mencegah penyelenggaraan kompetisi ini hingga baru terlaksana sembilan tahun kemudian. Pada final laga bulu tangkis pertama yang digelar BWF ini bertanding tiga negara yang merupakan pemenang zona Eropa, zona Amerika Serikat, dan zona Amerika Pasifik.

BACA JUGA:

Materi Bulu tangkis

aktivitas-pembelajaran bulu tangkis

Maestro Rudi-Hartono-pebulu-tangkis-pertama.html

Laga pertama yang di selenggarakan di Prenston Inggris ini bertanding Denmark, Amerika Serikat dan Malaysia. Malaysia keluar menjadi juara dengan score 8- 1 melawan Denmark. Hingga saat ini Piala Thomas tidak pernah dimenangkan oleh negara diluar benua Asia kecuali Denmark pada 2016 lalu.


 Sistem Pertandingan Piala Thomas

Piala Thomas Cup hanya diikuti 16 tim. Mereka yang memperebutkan  piala Thomas terdiri dari negara-negara anggota BWF di dunia.

Ketentuan 16 tim tersebut diatur sebagai berikut:

1.   Juara bertahan dari periode sebelumnya sebanyak 1 tim

2.   Negara Tuan Rumah sebanyak 1 tim

3.   Semifinalis kejuaraan berregu Asia sebanyak 4 tim

4.   Semifinalis kejuaraan berregu Eropa sebanyak 4 tim

5.   Pemenang Kejuaraan benua Afrika sebanyak 1 tim

7.   Pemenang kejuaraan wilayah Oseania sebanyak 1 tim

8.   Negara dengan peringkat BWF tertinggi diluar ketentuan yang sudah disebutkan sebanyak 3 tim.

Menurut laman resmi BWF, 16 negara peserta dalam kejuaraan Thomas Cup terdiri dari tim dengan ketentuan berikut: Juara bertahan dari edisi sebelumnya (1 tim) Negara tuan rumah (1 tim) Semifinalis kejuaraan beregu Asia (4 tim) Semifinalis kejuaraan beregu Eropa (4 tim) Pemenang kejuaraan Afrika (1 tim) Pemenang kejuaraan benua Amerika (1 tim) Pemenang kejuaraan wilayah Oseania (1 tim) Negara dengan peringkat BWF tertinggi di luar ketentuan tersebut (3 tim) Peserta kejuaraan dunia beregu putra Thomas Cup nantinya terbagi ke dalam empat grup sesuai undian sebelum kejuaraan berlangsung. Baca juga: Shuttlecock dalam Bulu Tangkis: Sejarah dan Standar Internasional Masing-masing negara menyiapkan tiga pemain nomor tunggal serta dua pasangan nomor ganda dalam setiap pertandingan. Peserta yang lolos dari fase penyisihan grup kejuaraan dunia beregu putra Thomas Cup kemudian masuk pada fase turnamen gugur hingga babak final.


Dari seluruh negara di atas nantinya akan dibagi dalam tiga grup melalui undian yang dilaksanakan sebelum kejuaraan berlangsung.


 Berikut data Piala Thomas sampai sekarang