Manfaat Puasa Senin Kamis, yang Jarang Diketahui

 

Manfaat Puasa Senin Kamis, yang Jarang Diketahui


Puasa satu di antara ibadah yang mempunyai sisi mulia di hadapan Allah SWT. Selain puasa wajib di bulan Ramadhan, ada sejumlah puasa sunah yang dianjurkan. Di antaranya, puasa Senin Kamis. Selain berlimpah pahala, banyak manfaat puasa Senin-Kamis untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Puasa ini menjadi salah satu puasa sunah yang kerap dikerjakan Nabi Muhammad SAW atau Rasulullah.

Rasulullah bersabda, "Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi)

Banyak muslim maupun muslimat menunaikan puasa Senin Kamis demi memperoleh keberkahan Allah. Tapi, selain keberkahan, ada pula manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan. Mulai dari mencegah penyakit jantung, detoksifikasi, menurunkan berat badan, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

1. Jaga Kesehatan Jantung

Puasa Senin Kamis ternyata bermanfaat untuk menurunkan risiko aterosklerosis, yaitu penyumbatan arteri lantaran partikel lemak. Ketika puasa pun lemak bakal dipakai sebagai cadangan energi.

Hormon adrenalin dan nonadrenalin pun akan berkurang. Ini membantu tubuh untuk menjaga metabolisme tetap stabil, sehingga tekanan darah dapat turun.

Merujuk beberapa penelitian, memasukkan puasa ke dalam rutinitas mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung. Puasa Senin Kamis secara rutin dapat membantu mengurangi kadar kolesterol "jahat" LDL dan trigliserida.

2.  Keluarkan Racun dalam Tubuh

Selain itu, puasa Senin Kamis dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Selain berolahraga, cara mengeluarkan racun ini adalah dengan berpuasa. Ketika seseorang berhenti mengonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, maka racun dapat dikeluarkan dengan efektif.

Pengeluaran racun dapat melalui keringat, buang air kecil ataupun saat buang air besar. Bila racun-racun tersebut sudah keluar, maka tubuh bakal terasa lebih sehat dan bugar.

3. Turunkan Kadar Lemak

Manfaat lain puasa Senin Kamis adalah menurunkan kadar lemak. Ini mengingat lemak berlebih dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kolesterol dan jantung.

Karena itulah, kelebihan lemak dalam tubuh harus dihilangkan. Satu di antara manfaat puasa Senin Kamis adalah membantu menghilangkan lemak tak sehat tersebut.

Ketika berpuasa, tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Alhasil, lemak berlebih akan berkurang dan tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit. Di antaranya, tekanan darah tinggi ataupun kolesterol.

4. Istirahatkan Organ Pencernaan

Untuk diketahui, sistem pencernaan sangat sibuk dan membutuhkan energi dalam jumlah besar. Sistem pencernaan bahkan dapat mengalirkan energi yang dibutuhkan untuk penyembuhan, perbaikan dan pemeliharaan umum tubuh. Sebab itu, masuk akal untuk memberinya istirahat sesekali.

Sistem pencernaan manusia juga perlu istirahat dalam waktu tertentu agar bisa bekerja maksimal. Ketika berpuasa Senin Kamis, pencernaan secara rutin akan beristirahat dari tekanan mencerna makanan.

Dengan demikina, fungsi sistem pencernaan akan terus terjaga kinerjanya. Sistem pencernaan yang sehat bakal membuat manusia jauh dari penyakit pencernaan. Misalnya, masalah lambung, sembelit, diare, dan masih banyak lagi.

5. Kontrol Gula Darah

Manfaat kelima puasa Senin Kamis, yakni dapat mengatur tingkat gula darah. Puasa akan membuat tubuh menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi.

Hal ini akan menurunkan produksi insulin tubuh. Hasilnya tubuh akan mengalami penurunan gula darah. Puasa Senin Kamis secara rutin turut mencegah lonjakan gula darah.

Selanjutnya, manfaat puasa akan membantu mengurangi resistensi insulin. Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Dengan demikian, memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel dengan lebih efisien.

6. Lembutkan Hati dan Turunkan Hawa Nafsu

Puasa dalam keyakinan agama Islam memang menduduki posisi yang mulia. Selain mendapatkan pahala yang besar, orang yang rajin berpuasa juga akan dianugerahi kelembutan hati dan hawa nafsunya terhadap dunia akan berkurang.

7. Turunkan Risiko Stres dan Tingkatkan Kedamaian Hati

Adapun manfaat puasa Senin Kamis secara spiritual, yakni dapat menurunkan stres dan tekanan jiwa. Kondisi kesehatan mental yang optimal tentu dapat membantu kaum muslim meraih kesuksesan dengan mudah. Manfaat puasa Senin Kamis secara spiritual lainnya, yaitu bisa meningkatkan kedamaian hati. Artinya, puasa memungkinkan seseorang merasa bersih jiwa dan raganya.

8. Lancarkan Metabolisme

Bukan hanya itu, manfaat puasa Senin Kamis juga dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin. Dengan berpuasa, tubuh harus bertahan berjam-jam tanpa makanan dan minuman, menggunakan sumber lemak, dan mengangkut racun dari tubuh.

Dengan berbuka menggunakan makanan bergizi seimbang, metabolisme bakal terbangun ulang dan meningkatkan level energi. Jenis makanan yang perlu dikonsumsi saat berbuka dan sahur di antaranya buah-buahan yang kaya akan serat, sayuran, gandum, protein tanpa lemak, dan air mineral.

9. Turunkan Berat Badan

Karena melancarkan metabolisme, puasa Senin Kamis bermanfaat untuk penurunan berat badan. Puasa ternyata lebih efektif ketimbang pembatasan kalori untuk kehilangan lemak. Puasa sekaligus bisa menjaga jaringan otot tetap kuat. Puasa memang tidak akan memberikan penurunan berat badan yang drastis. Hanya saja, bila Anda berpuasa dan memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi, maka penurunan berat badan dapat dicapai.

Manfaat puasa Senin Kamis juga meningkatkan lemak darah dan membantu menurunkan berat badan. Selama berpuasa, sel-sel ditekan dan hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan. Puasa dapat pula membantu menjaga kadar gula dan kolesterol darah.

10. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat terakhir puasa Senin Kamis untuk kesehatan, yakni dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Puasa juga dapat membantu meningkatkan regenerasi sel dan mencegah kerusakan organ akibat radikal bebas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

POPULER

Pengikut

Media Partner


Pengunjung