Penilaian Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK)

 



Dalam preses belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan (PJOK), mencakup 3 ranah yaitu:

  1. Sikap   (Afektif)

  2. Pengetahuan ( Kognitif)

  3. Keterampilan (Psikomotorik)


  1. Aspek Sikap


Berbagai bentuk penilaian yang bisa dilakukan oleh pendidik antara lain:


  1. Penilaian Observasi


Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap


No

Nama Siswa

Aspek Perilaku yang Dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

BS

JJ

TJ

DS

1

Soenarto

75

75

50

75

275

68,75

C

2


...

...

...

...

...

...

...


Keterangan :

BS : Bekerja Sama

JJ : Jujur

TJ : Tanggun Jawab

DS : Disiplin


Catatan :

1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75 = Baik

50 = Cukup

25 = Kurang

2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –  25,00 = Kurang (K)

5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai


  1. Penilaian Diri


Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. 


Berikut Contoh format penilaian :

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.

50


250

62,50

C

2

Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.


50

3

Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.

50


4

...

100



Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –  25,00 = Kurang (K)

5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan


  1. Penilaian Teman Sebaya


Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :


        



Nama yang diamati

...

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Mau menerima pendapat teman.

100


450

90,00

SB

2

Memberikan solusi terhadap permasalahan.

100


3

Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.


100

4

Marah saat diberi kritik.

100


5

...


50

Pengamat : ...



Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –  25,00 = Kurang (K)



  1. Aspek Pengetahuan


  • Tertulis Pilihan Ganda

  • Tertulis Uraian 

    • Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang sederhana

  • Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan

  • Penugasan

  • Membaca mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresiekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.

  • Tugas Rumah

  • Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik

  • Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

  • Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian


  1. Keterampilan


  1. Penilaian Unjuk Kerja

Mengerjakan latihan soal-soal terkait materi yang diajarkan.

  1. Penilaian Proyek

  2. Penilaian Produk

  3. Penilaian Portofolio

Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.



Bagaimana penerapan penilaian ke tiga aspek tersebut..?


Disini akan diberikan contoh penerapan dalam penilaian. Tentu apa yang akan dinilai berdasarkan situasi dan kondisi guru dan siswa serta daya dukung yang ada dalam pembelajaran 



LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS

(Bentuk Uraian)


Soal Tes Uraian 

  1. .

  2. .

  3. .

  4. .

  5. .



Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran


Alternatif jawaban

Penyelesaian

Skor

1


2

2


2

3


2

4


2

5


2


Jumlah

10


Nilai = Jumlah skor yang diperoleh5×10



Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Uraian

Topik : ………………….

Indikator : …………………..

Soal : ………………….

  1. ………………….

  2. ………………….

Jawaban :

  1. …………………

  2. …………………


Pedoman Penskoran

No

Jawaban

Skor

a.



b.



Skor maksimal





LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS

 (Pilihan Ganda)


Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !

1.

a.

b.

c.

d.

e.

dst.


Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran

Alternatif  Jawaban

Penyelesaian

Skor

1


1

2


1

3


1

4


1

....


1

20


1


Jumlah

20


Nilai = Jumlah skor yang diperoleh20×10


Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda

Topik : ………………….

Indikator : …………………..

Soal : ………………….

Jawaban :

  1. …………………

  2. …………………

  3. …………………

  4. …………………

  5. …………………




LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN (ANALISIS)- TES TERTULIS


NO

NAMA

PILIHAN GANDA

ESSAY

SKOR

NILAI

01

02

03

04

05

06

07

08

09

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

01

02

03

04

05

PG

E


1






























2

































LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan


KELAS : .……………..

No

Nama Peserta Didik

Pernyataan

Pengungkapan 

gagasan yang 

orisinil

Kebenaran Konsep

Ketepatan penggunaan istilah

Dan lain sebaginya

Ya

Tidak

Ya

Tidak

Ya

Tidak

Ya

Tidak

1










2












Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan


Nama

Peserta

Didik

Pernyataan

Jumlah

Pengungkapan gagasan yang orisinil

Kebenaran konsep

Ketepatan penggunaan istilah

YA

TIDAK

YA

TIDAK

YA

TIDAK

YA

TIDAK

Fitria









Gina









....













LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

PENILAIAN PENUGASAN


Penilaian Pengetahuan - Penugasan

Mengidentifikasi …………………….

Tugas : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai media.

Indikator : membuat laporan hasil percobaan cara kerja …………………….


Langkah Tugas :

  1. Lakukan observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai …………………….

  2. Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi ……………………., ……………………..

  3. Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:

  1. Jenis …………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran?

  2. Bagaimana yang terjadi?

  3. Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan?

  1. Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya



Rubrik Penilaian

No.

Kriteria

Kelompok

9

8

7

6

5

4

3

2

1

1

Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi










2

Ketepatan memilih bahan










3

Kreativitas










4

Ketepatan waktu pengumpulan tugas










5

Kerapihan hasil











Jumlah skor










 

Keterangan:100 = sangat baik, 75 = baik, 50 = cukup baik, 25 = kurang baik

NilaiPerolehan =JumlahSkor20



LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA


Pekerjaan :

  • ....................................................................................................................................................

  • ....................................................................................................................................................

  • ....................................................................................................................................................

  • ....................................................................................................................................................

 

 

Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja

Tingkat

Kriteria

4

Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri:

Semua jawaban benar,sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungandengan tugas ini

3

Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri:

Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikitkesalahanperhitungandapatditerima

2

Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri: Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.

1

Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuanbahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah ini.  Ciri-ciri: Semua jawaban salah, atau Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yangbenar.

0

Tidak ada jawaban atau lembar kerja kosong


LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA


KELAS : .…………..


No

Nama Siswa

Tingkat

Nilai

Ket.

4

3

2

1


























Lembar Pengamatan 

Penilaian Keterampilan - Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik

Topik : ………………………..

KI : ………………………..

KD : ………………………..

Indikator : ………………………..


No

Nama

Persiapan Percobaan

Pelaksanaan Percobaan

Kegiatan Akhir Percobaan

Jumlah Skor

1






2






….






….







No

Keterampilan yang dinilai

Skor

Rubrik

1

Persiapan Percobaan (Menyiapkan alat Bahan)

30

  • Alat-alat tertata rapih sesuai dengan keperluannya

  • Rangkaian alat percobaan tersusun dengan benar dan tepat

  • Bahan-bahan tersedia di tempat yang sudah ditentukan.

20

Ada 2 aspek yang tersedia

10

Ada 1 aspek yang tersedia

2

Pelaksanaan Percobaan

30

  • Menggunakan alat dengan tepat

  • Membuat bahan percobaan yang diperlukan dengan tepat

  • Menuangkan / menambahkan bahan yang tepat

  • Mengamati hasil percobaan dengan tepat




20

Ada 3 aspek yang tersedia

10

Ada 2 aspek yang tersedia

3

Kegiatan akhir praktikum

30

  • Membuang larutan atau sampah ketempatnya

  • Membersihkan alat dengan baik

  • Membersihkan meja praktikum

  • Mengembalikan alat ke tempat semula

20

Ada 3 aspek yang tersedia

10

Ada 2 aspek yang tersedia






LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK


Proyek :

  • ....................................................................................................................................................

  • ....................................................................................................................................................

  • ....................................................................................................................................................

  • ....................................................................................................................................................

Orientasi Masalah:

Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat …………….. yang digunakan untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!



Langkah-langkah Pengerjaan:

  1. Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.

  2. Selesaikan masalah terkait …………… 

  3. Cari data …………… dengan ……………….. tersebut

  4. Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun

  5. Lakukan prediksi …………….. dengan ……………… tersebut

  6. Hasil pemecahan masalah dibuat  dalam laporan tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah

  7. Laporan bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah

  8. Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil 

  9. Laporan bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada masalah lain (jika memungkinkan)

  10. Laporan dikumpulkan paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan


Rubrik Penilaian Proyek:

Kriteria

Skor

  • Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah

  • Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

  • Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat

  • Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti

  • Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil pada masalah lain 

  • Kerjasama kelompok sangat baik

4

  • Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah

  • Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

  • Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat

  • Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti

  • Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain 

  • Kerjasama kelompok sangat baik

3

  • Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah

  • Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

  • Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat

  • Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti

  • Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain 

  • Kerjasama kelompok baik

2

  • Jawaban tidak benar 

  • Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

  • Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat

  • Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti

  • Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain 

  • Kerjasama kelompok kurang baik

1

Tidak melakukan tugas proyek

0






Penilaian Keterampilan – Proyek

Mata Pelajaran : …………… Guru Pembimbing : ……………

Nama Proyek : …………… Nama : ……………

Alokasi Waktu : …………… Kelas : ……………


No

Aspek

Skor

(0 – 100)

1

PERENCANAAN :

a. Rancangan Alat

- Alat dan bahan

- Gambar rancangan/desain

b. Uraian cara menggunakan alat


2

PELAKSANAAN :

a. Keakuratan Sumber Data / Informasi

b. Kuantitas dan kualitas Sumber Data

c. Analisis Data

d. Penarikan Kesimpulan


3

LAPORAN PROYEK :

a. Sistematika Laporan

b. Performans

c. Presentasi


Total Skor





LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN PRODUK


Nama Produk : ………………………………..

Nama Peserta Didik : ………………………………..

No

Aspek

Skor

1

Perencanaan Bahan

25

50

75

100

2

Proses Pembuatan

  1. Persiapan Alat dan Bahan

  2. Teknik Pengolahan

  3. K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)





3

Hasil Produk

  1. Bentuk Fisik

  2. Bahan

  3. Warna

  4. Pewangi

  5. ……..





Total Skor






  • Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat

  • Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.


LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN PORTOFOLIO

Tugas

  • ....................................................................................................................................................

  • ....................................................................................................................................................

  • ....................................................................................................................................................

  • ....................................................................................................................................................


Rubrik Penilaian

Nama siswa : ………………….

Kelas : ………………….

No

Kategori

Skor

Alasan

1

1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?



2

2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat sesuai?



3

3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur pengukuran/pengamatan yang dilakukan?



4

Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar?



5.

Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?



6.

Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?



7.

Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik?



8.

Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?



Jumlah



Kriteria:100 = sangat baik, 80 = baik, 60 = cukup, 40 = kurang, dan 20 = sangat kurang


Nilai Perolehan = Skor Perolehan40


Penilaian Keterampilan – Produk

Mata Pelajaran : …………… Nama Peserta Didik : ……………

Nama Produk : …………… Kelas : ……………

Alokasi Waktu : ……………

No

Aspek

Skor

(0 – 100)

1

Tahap Perencanaan Bahan


2

Tahap Proses Pembuatan :

a. Persiapan alat dan bahan

b. Teknik Pengolahan

c. K3 (Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan)


3

Tahap Akhir (Hasil Produk)

a. Bentuk fisik

b. Inovasi


Total Skor




Penilaian Keterampilan - Portofolio

Mata Pelajaran : …………………………..

Kelas/Semester : …………………………..

Peminatan : …………………………..

Tahun Ajaran : 2015/2016

Judul portofolio : Pelaporan merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum

Tujuan : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah

Ruang lingkup :

Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1

Uraian tugas portofolio

1. Buatlah laporan kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah

2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas

Penilaian Portofolio Penyusunan Laporan Perancangan Percobaan dan Laporan Praktik

Mata Pelajaran : …………………

Alokasi Waktu : 1 Semester

Sampel yang dikumpulkan : Laporan

Nama Peserta didik : …………………

Kelas : …………………

No

Indikator

Periode

Aspek yang dinilai

Catatan / Nilai

Kebenaran Konsep

Kelengkapan gagasan

Sistematika

Tata Bahasa

1

….

….






2

Menyusun laporan perancangan percobaan 







3

Menyusun laporan praktikum 







4

….

….







Rubrik Penilaian portofolio Laporan Praktikum

No

Komponen

Skor

1

Kebenaran Konsep

Skor 25 jika seluruh konsep bidang studi pada laporan benar

Skor 15 jika sebagian konsep bidang studi pada laporan benar

Skor 5 jika semua konsep bidang studi pada laporan salah

2

Kelengkapan gagasan

Skor 25 jika kelengkapan gagasan sesuai konsep

Skor 15 jika kelengkapan gagasan kurang sesuai konsep

Skor 5 jika kelengkapan gagasan tidak sesuai konsep

3

Sistematika

Skor 25 jika sistematika laporan sesuai aturan yang disepakati

Skor 15 jika sistematika laporan kuang sesuai aturan yang disepakati

Skor 5 jika sistematika laporan tidak sesuai aturan yang disepakati

4

Tatabahasa

Skor 25 jika tatabahasa laporan sesuai aturan

Skor 15 jika tatabahasa laporan kuang sesuai aturan

Skor 5 jika tatabahasa laporan tidak sesuai aturan

Keterangan:

Skor maksimal = jumlah komponen yang dinilai x 25 = 4 x 25 = 100

Nilai portofolio = 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖= Jumlah SkorSkor Maksimal x 4




Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)

Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)


JUDUL


………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………




  1. Pengayaan

Bagi peserta didik yang telah mencapai target pembelajaran sebelum waktu yang telah dialokasikan berakhir, perlu diberikan kegiatan pengayaan.


  1. Pengayaan

Bagi peserta didik yang belum mencapai target pembelajaran pada waktu yang telah dialokasikan, perlu diberikan kegiatan remedial


Demikian pembahasan ini, semoga bermanfaat. Amiin!!!


Reactions

Post a Comment

0 Comments