Ad Code

Responsive Advertisement

Teknik Dasar Bola Voli (Lanjutan)



 Sebagai lanjutan materi  Teknik dasar bola voli, sebagai pembahasan lanjutan kita akan bahas:

  1. 1.      Smash
  2. 2.      Bendungan (Block)

 

1.      Smash (spike)

 

Smash adalah tindakan memukul bola ke lapangan lawan, sehingga bola bergerak melewati atas jaring dan mengakibatkan pihak lawan sulit mengembalikannya. Smash yang efektif selama permainan berlangsung ialah dengan cara memukul bola dari atas jaringan yang disebut spike. Smash merupakan suatu teknik yang mempunyai gerakan yang kompleks yang terdiri atas:

1)      Langkah awal; 2) tolakan untuk meloncat; 3) memukul bola saat melayang di udara; 4) saat mendarat kembali setelah memukul bola

 2.      Bendungan (block)

 


Bendungan sangat erat dengan teknik bertahan yang dilakukan di atas net. Keberhasilan bendungan dapat ditentukan oleh loncatan yang tinggidan kemampuan menjangkau lengan pada bola yang sedang dipukul lawan. Bendungan dapat dilakukan oleh satu, dua atau tiga pemain tergantung pada kualitas pemain lawan. Bendungan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: bendungan aktif dan bendungan pasif.


Bendungan aktif artinya pada saat melakukan bendungan, tangan pemain di gerakkan dengan kuat dan lengan dekat sekali dengan net. Adapun bendungan pasif artinya tangan pemain pada waktu melakukan bendungan dijulurkan ke atas tanpa digerakkan.

Untuk lengkapnya materi ini, silahkan saksikan video berikut ini:


  
Demikian materi ini, semoga bermanfaat, amiin..





Reactions

Post a Comment

0 Comments