Keterampilan Gerak Senam Ketangkasan Lompat Kangkang

Pengertian

Lompat kangkang dilakukan dengan cara melompati sebuah peti atau kotak yang posisi badan condong ke depan dan membuka kedua tangannya saat melewati peti.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat kangkang adalah aktivitas melompat yang dilakukan dengan menggunakan kedua kaki yang terbuka lebar. Dilansir dari Merriam Webster, lompat kangkang atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai  straddle vault adalah aktivitas senam yang dilakukan dengan melewati sebuah benda, posisinya duduk namun kedua kaki terbentang lebar. Baca juga: Bahaya dan Penggolongan Narkoba Olahraga lompat kangkang sangat membutuhkan ketangkasan dan kekuatan tangan. Karena tangan dijadikan tumpuan untuk melakukan lompatan. Cara melakukan lompat kangkang Dalam melakukan lompat kangkang dibutuhkan beberapa cara atau teknik, jadi tidak asal melompat. Ini dilakukan agar bisa menghasilkan gerakan lompat kangkang yang baik.  Dikutip dari situs Sport Plan, berlatih lompat kangkang atau straddle vault membutuhkan alat berupa kotak atau peti. Alat tersebut dijadikan pegangan atau sebagai pijakan saat akan melakukan lompatan. Untuk melakukan lompat kangkang pastinya dibutuhkan keberanian Barikut teknik dasar yang harus dikuasai dalam olahraga lompat kangkang:  Baca juga: Cara Menghindari Narkoba Melakukan awalan dengan lari secepat mungkin dan posisi badan condong ke depan. Arahkan pandangan fokus mengarah ke peti atau kotak. Perhitungkan langkah dari titik awalan berlari hingga peti atau kotak, untuk bersiap melakukan lompat kangkang. Luruskan kedua tangan dan sentuh peti atau kotak. Pastikan pegangannya kuat serta arahkan seluruh jari menghadap ke depan. Melakukan lompatan dengan posisi pinggul di atas bahu. Tetap arahkan fokus pandangan ke depan untuk bersiap melakukan pendaratan. Angkat kaki dengan posisi tangan masih menjadi tumpuan saat melakukan lompatan. Lakukan pendaratan dengan posisi lutut tertekuk serta kedua tangan lurus ke atas. Saat melakukan lompat kangkang, pastikan tubuh tetap tegak agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. Pastikan juga saat menyentuh peti atau kotak, posisi tangan benar-benar lurus.
Pembelajaran keterampilan gerak senam ketangkasan, pengorganisasian siswa dapat dilakukan dengan aktivitas individual, berpasangan, dan berkelompok.

a.     Aktivitas Pembelajaran Berkelompok

1)   Buat kelompok 5-6 orang.

2)   Masing-masing kelompok mendapatkan empat buah kardus bekas.

3)   Secara bergantian/urutan lompati sebuah kardus dengan kaki mengangkang.

4)   Secara bergantian/urutan lompati dua buah kardus dengan kaki mengangkang.

5)   Secara bergantian/urutan lompati tiga kardus dengan kaki mengangkang.

6)   Secara bergantian/urutan lompati empat kardus dengan kaki mengangkang.

7)   Saat melewati kardus tangan jangan menyentuh kardus.

8)   Saat mendarat usahakan dengan kedua kaki yang mengeper.

9)   Lakukan aktivitas tersebut terus-menerus secara bergantian/urutan sampai batas waktu yang ditentukan guru.





Gambar  1. Aktivitas Belajar Melompati Kardus


b.    Aktivitas Pembelajaran Berpasangan

1)   Pilih teman yang seimbang denganmu.2)   Berdiri rapat ke arah gerakan, minta temanmu melakukan posisi membungkuk dengan cara membuka kaki selebar bahu dan kedua tangan ditempelkan di lutut.3)   Ambil langkah mundur 5 langkah dari posisi temanmu.4)   Satu langkah sebelum temanmu tolakkan kaki kedua ke depan atas bersamaan menumpukan kedua telapak tangan diatas punggung temanmu.5)   Saat terjadi dorongan ke atas kaki, tungkai dibuka lebar-lebar hingga melewati temanmu.6)   Kedua kaki dirapatkan kembali sebelum penurunan.7)   Pendaratan dilakukan dengan urutan ujung kaki, lalu seluruh kaki, lutut ditekuk.8)   Lakukan aktivitas tersebut secara bergantian.9)  




Gambar  2  
Aktivitas Belajar Melompati Teman

 

c.     Aktivitas Pembelajaran Berkelompok

1)   Buat kelompok 5-6 orang.

2)   Siapkan tiga buah peti lompat yang tingginya bertahap.

3)   Lakukan melompati secara kangkang peti lompat yang pendek.

4)   Lakukan melompati secara kangkang peti lompat yang sedang.

5)   Lakukan melompati secara kangkang peti lompat yang tinggi.6)   Saat melewati peti lompat, kedua tangan dapat menumpu di pangkal atau di ujung peti lompat untuk melakukan lompat kangkang/lompat jongkok.

7)   Saat mendarat usahakan dengan kedua kaki yang mengeper.

8)   Lakukan aktivitas tersebut terus-menerus secara bergantian sampai batas waktu yang ditentukan guru

Kategori keterampilan gerak senam ketangkasan lainnya seperti: keterampilan gerak lompat jongkok dirancang seperti aktivitas pembelajaran di atas. Guru dapat mengembangkannya lagi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta keadaan lingkungan sekolah.

Untuk melengkapi pembelajaran tentang senam ketangkasan lompat kangkang silahkan simak video berikut ini



demikian pembahasan senam ketangkasan lompat kangkang. semoga bermanfaat, amiin..

Sumber: 

Buku PJOK Kelas XI

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/17/151500269/pengertian-dan-teknik-lompat-kangkang?page=all.


Reactions

Post a Comment

0 Comments