SENAM KETANGKASAN (LONCAT HARIMAU)

Salah satu materi dalam pembelajaran PJOK yang cukup menantang bagi siswa adalah senam ketangkasan, materi kali ini adalah lanjutan materi senam yang akan di bagi beberapa pembahasan seperti berikut:

A.    Loncat Harimau

B.     Gerakan Salto

C.    Gerakan Flik Flak


    Loncat Harimau

 1.      Latihan Gerakan Loncat Harimau

Gerakan loncat harimau memiliki gerakan dasar yang tidak berbeda dari gerakan berguling ke depan. Akan tetapi, gerakan loncat harimau diawali dengan gerakan meloncat ke atas depan. Sebelum melakukan latihan gerakan loncat harimau, siswa harus sudah mampu melakukan gerakan guling ke depan dengan baik.

a.      Urutan melakukan gerakan loncat harimau

Sikap awal :

1)      Mengambil sikap jongkok, kedua kaki rapat, tumit diangkat.

2)      Kedua tangan dengan siku dibengkokkan di depan badan, kedua telapak tangan dan pandangan mata menghadap ke depan.

Gerakan :

1)      Kedua kaki menolak untuk melompat ke atas depan dengan kedua tangan lurus ke depan hingga badan melayang di udara dengan posisi badan dan kaki lurus.

2)      Pada saat telapak tangan menyentuh matras, kepala dilipatkan di anatara kedua tangan sehingga bahu menyentuh matras.

3)      Gerakan dilanjutkan dengan berguling ke depan secara bulat, kemudian kembali berjongkok, kedua tangan lurus ke depan.

 

b.      Latihan-latihan loncat harimau

1)      Latihan 1

a)      Mengambil sikap awal jongkok, kedua tangan lurus ke depan setinggi bahu.

b)      Tempatkan sebuah bola plastik di depan siswa dengan jarak 30 cm dari ujung kaki.

c)      Lompati bola itu dengan berguling ke depan.

 


Lakukan latihan ini berulang-ulang sampai mahir melakukan teknik dasar loncat harimau. Setelah mahir melakukan teknik dasar loncat harimau, jarak bola dapat dijauhkan sampai 50-60 cm dari ujung kaki

2)      Latihan 2

a)      Melakukan guling depan dengan awalan di atas peti lompat setinggi 40 cm/matras.

b)      Jarak batas tolak lompat dan peti 50-60 cm.

Latihan dilanjutkan dengan mengurangi tinggi peti serendah mungkin.

3)      Latihan 3

a)      Dengan awalan melompati tongkat dengan ketinggian 75 cm.

b)      Diakhiri dengan guling ke depan di atas peti lompat yang tingginya 50 cm.


Latihan dilanjutkan dengan menambah ketinggian tongkat dan memperbesar batas tolak peti lompat.

4)      Latihan 4

a)      Dengan awalan melompat tinggi dan jauh ke muka.

b)      Mendarat dengan guling depan di atas matras.

 


 

Demikian materi kali ini, semoga bermanfaat, amiin..

 

Bersambung…

Reactions

Post a Comment

0 Comments