-->

Ads 720 x 90

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

KEBUGARAN JASMANI (Aktivitas Pengembang an) (Bag.1)

 

Sebagai materi awal dari pembahasan kebugaran jasmani mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga untuk SMA

Kompetensi Dasar:

2.1. Mempraktikkan  latihan kekuatan,  kecepatan,  daya tahan dan  kelentukan  untuk    kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.

2.2. Mempraktikkan  tes kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.

2.3. Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap segar.

 Indikator Pencapaian Kompetensi

· Melakukan latihan kekuatan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.

· Melakukan latihan kecepatan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.

· Melakukan latihan daya tahan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.

· Melakukan latihan kelentukan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.

Melakukan tes kebugaran jasmani secara sederhana dengan koordinasi yang baik.

 Kegiatan Pembelajaran

· Latihan kekuatan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.

· Latihan kecepatan dalam bentuk sederhana.

· Latihan daya tahan dalam bentuk sederhana.

· Latihan kelentukan dalam bentuk sederhana.

Tes kebugaran jasmani secara sederhana

Pengertian Kebugaran Jasmani: kemampuan tubuh\fisik, raga seseorang dalam melakukan aktifitas ,tanpa menglami kelelahan berlebihan dalam jangka waktu tertentu,  dan dilakukan secara berulang-ulang sesuai dengan kemampuan tubuh seseorang.

 Latihan Kelincahan

A. Squat thrus


cara pelaksanaan:   

 1. berdiri tegak, 2. posisi tubuh diubah menjadi jongkok, 3. posisi tubuh menjadi gerakan push up, 4.  badan kembali jongkok selanjutnya badan kembali berdiri seperti awal gerakan, dan 5. lakukan beberapa kali. tujuannya untuk melatih atau mengembangkan kekuatan dan daya otot kaki.

B. lari ziq zaq

cara pelaksanaan: lari bolak balik dengan arah yang bersilang ( selang-seling), dengan jarak dua meter. Dilakukan 2 - 3 kali secara olak balik.

C. . Latihan kekuatan :

1. Push up  2. Sit up  3. Back up  4. lompat                                                                                             1. 1.Push up                     


                                                                                                                                                                                   Cara pelaksanaan: 1. sebelum melakukan push up, lakukan pemanasan terdahulu ; 2. posisi badan jongkok, kedua kaki lurus ke belakang, kedua tangan di depan dan diangkat. ; 3. badan diangkat lalu diturunkan kembali. kekuatn yang digunakan adalah otot perut

2.  Sit up :                                                                                                                                                                                                     



             cara pelaksanaan: 1. posisi badan berbaring telentang, letakkan kedua tangan di belakang leher ; 2. tangan dia belakang leher ditekuk ; 3.dari posisi badan yang telentang, badan diangkat (bangun) lalu badan diturunkan kembali. kekuatn yang digunakan adalah kekuatan otpt perut.

3. Back up :    


 Cara pelaksanaan : 1. Posisi badan telengkup ; 2. kedua tangan berada dia balakang leher  dengan ditekuk ;3. lalu badan dan kepala diangkat, naik dan turun. Kegiatan ini dialkukan berulang ulang.  

4. . Lompat :        



 cara pelaksanaan: 1. posisi badan berdidi tegak ; 2. tangan diayungkan ke belakang untuk mengambil ancang -ancang ; 4. melompat dengan posisi akhir kaki di tekuk kembali.

Demikain materi ini, semoga bermanfaat, amiin

Bersambung! 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter