Aktivitas Pembelajaran (Kelas XII SMA) Taktik dan Strategi Penyerangan dan Pertahanan dalam permainan bulutangkis

taktik, strategi permainan bulu tangkis, penyerangan, pertahanan Bulu tangkis
Penulis: - Sep 23, 2020
Aktivitas Pembelajaran (Kelas XII SMA) Taktik dan Strategi Penyerangan dan Pertahanan dalam permainan bulutangkis

 Materi kali ini adalah Permainana bola kecil ( bulu tangkis) untuk kelas XII, yang akan dibahas strategi penyerangan dan pertahanan dalam permainan bulu tangkis. Sebagai lanjutan materi terdahulu

 

Apa yang di gunakan?


 Alat : Shutlecock dan Raket

Tempat : Lapangan persegi panjang dan net

Formasi : Kelompok

  apa yang dilakukan ?

  peserta didik yang berperan sebagai penyerang untuk berusaha menyerang ke daerah lawan, sedangkan pemain bertahan berusaha mengembalikan bola agar kembali ke daerah lawan dan tidak jatuh di daerah sendiri.

 Tentukan waktu bermain sesuai dengan jumlah peserta didik sehingga semua dapat melakukan.

 Tugas 1)

Bergantian menjadi penyerang dan bertahan sehingga semua peserta didik dapat melakukan.

    Kegiatan seperti nampak pada gambar 1 


Gambar 1. Permainan Bulutangkis 2 lawan 1

  Bagaimana cara efektif menyerang? Manakah yang efektif untuk menyerang dengan

 smash, lob, atau drop shot? Apakah dalam setiap penyerangan diperlukan konsentrasi, disiplin, dan kerjakeras? dan pertannyaan lainnya.



Gambar 2.. Permainan 2 lawan 3.

   

 peserta didik untuk membuat kelompok 5 orang dengan ketentuan 2 orang sebagai pemain bertahan dan 3 orang sebagai penyerang.( seperti gambar 2.)

  Bagaimana cara efektif mengembalikan bola? Manakah yang efektif mengembalikan bola dengan backhand atau forehand? 

 peserta didik yang berperan sebagai penyerang untuk berusaha menyerang ke daerah lawan, sedangkan pemain bertahan berusaha mengembalikan bola agar kembali ke daerah lawan dan tidak jatuh di daerah sendiri.

 

 Tentukan waktu bermain sesuai dengan jumlah peserta didik sehingga semua dapat melakukan.

 

 Tugas:

 peserta didik untuk berkelompok secara berpasangan dengan menentukan 1 asangan penyerang dan 1 pasangan sebagai bertahan.  peserta didik untuk bermain dalam lapangan bulutangkis yang sebenarnya. seperti pada gambar.3



  Bagaimana cara efektif mengembalikan bola? Manakah yang efektif mengembalikan bola dengan backhand atau forehand?

 

 Demikian materi ini, semoga bermanfaat,amiin!