-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

BAHAYA HIV/AIDS (Bag.1)

 Asal usul penyakit HIV/AIDS



Sekitar awal tahun 1981-an banyak terjadi korban HIV/AIDS di Amerika serikat yang diawali dari kaum homoseksual. Tidak ada orang yang mengetahui dengan pasti penyebab penyakit misterius ini. Akhirnya, teka-teki mengenai penyakit ini sedikit terungkap berkat peneliti Dr. Luc Montagnier, seorang ahli penyakit kanker dari Institut Paster Perancis pada 1983. Ia menemukan sejenis virus pada penderita yang mengalami kelumpuhan kekebalan yang disebut dengan lymphadenopathy virus (LAV). Pada 1984, Dr. Robert Gallo dari National Institute of Health Amerika serikat, menemukan virus yang sama pada penderita dengan kekebalan menurun. Ia menamakan virus itu sebagai Human T. Cell lymphatropic Virus tipe III (HLTV III).

Untuk menghindari kemungkinan pertentangan mengenai kedua nama tersebut maka WHO (World Health Organization) memberikan nama baru untuk kedua penemuan tersebut. Nama baru untuk jenis virus itu adalah Human Immunodeficiency Virus  (HIV). Nama ini dipakai secara resmi hingga sekarang.

Menurut para ahli HIV/AIDS diduga berasal dari sejenis kera (monyet) dari Afrika yang mempunyai struktur yang sangat dekat dengan virus manusia. Sejak 1968 virus ini telah membunuh kera-kera di Afrika dan tahun 1980-an mulai menewaskan pria homoseksual di Amerika serikat. Tahun 1991 didapati bukti bahwa CIV (Ciuman Immunedeficiency Virus) nyaris identik dengan HIV (Human Immunedeficiency Virus) yang di Afrika sendiri virus ini telah menjadi wabah.

 


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter