-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

Aktivitas Pembelajaran Lari Cepat (Bag.1)

                       Kali ini kita bahas pelajaran Lari Cepat untuk pembelajaran Mata Pelajaran PJOK SMA. Adapun aktivitas pembelajaran Lari cepat  dengan berbagai  cara yang bisa dilakukan di kelas. 
Gerakan lari jarak pendek dapat dilakukan dengan cara: berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan lari jarak pendek. Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran lari jarak pendek antara lain sebagai berikut.

Aktivitas Pembelajaran 1: Berlari jogging dengan mengangkat paha tinggi dan pendaratan kaki menggunakan ujung telapak kaki.

Melakukan gerakan berlari jogging dengan mengangkat paha tinggi dan pendaratan kaki menggunakan ujung telapak kaki lari jarak pendek sebagai berikut.
1. Dilakukan secara perorangan atau kelompok.
2. Lakukan berlari jogging/pelan saat ada aba-aba “hop” angkat salah satu paha ke depan atas (bergantian kanan dan kiri), badan tegak dan pandangan ke depan, hingga kaki yang di belakang terkedang lurus.
3. Lakukan pada jarak ± 8-10 m.
4. Untuk   menanamkan   nilai-nilai   percaya   diri,   keberanian,bersedia ber bagi tempat dan peralatan.



                    Gambar : Aktivitas pembelajaran 1 lari jarak pendek

Aktivitas Pembelajaran  :
Lari cepat dengan langkah kaki lebar

Aktivitas pembelajaran dengan cara lari cepat dengan langkah kaki lebar lari jarak pendek sebagai berikut.
1. Dilakukan secara perorangan atau kelompok, berdiri pada garis start posisi kaki melangkah
2. Lakukan lari dari garis start dengan langkah lebar, menempuh jarak ± 15-20 m, setelah ada aba-aba “go”.
3. Saat lari badan rileks atau tidak kaku, pendaratan kaki menggunakan ujung telapak kaki.
4. Untuk menanamkan nilai-nilai percaya diri, keberanian, bersedia ber bagi tempat dan peralatan.





                                         Gambar : Aktivitas pembelajaran 2 lari jarak pendek


Aktivitas Pembelajaran  : Koordinasi Start Jongkok Aktivitas pembelajaran dengan cara koordinasi start jongkok lari jarak pendek sebagai berikut.

1. Mengunakan aba-aba, “peserta didik siap...... “. Persiapan untuk melakukan start dapat menggunakan hitungan satu (1). Berdiri tegak menghadap start block atau menghadap arah gerakan.
2. Mengunakan aba-aba , “ bersedia ...” , sikap jongkok dapat menggunakan hitungan dua ( 2 ), kaki kiri di depan kaki kanan di belakang (bertumpu pada start block). Kedua tangan dengan ibu jari dan telunjuk bettumpu pada garis start.

3. Mengunakan aba-aba, “ siap... “. Mengangkat pinggul dapat menggunakan hitungan tiga (3). Angkat pinggul ke atas bersamaan kedua lutut terangkat. Posisi pinggul lebih tinggi dari pundak. Pandangan ke depan.




                                 Gambar : Aktivitas pembelajaran 3 lari  

4. Aktivitas pembelajaran dengan menggunakan aba-aba, “ya/go”. Mengayun/melangkahkan kaki belakang ke depan dan menolak kaki kiri, dapat menggunakan hitungan empat (4), Kaki belakang diayun ke depan dengan lutut tertekuk bersamaan lengan kiri diayun ke depan. Kaki kiri dengan kuat menolak pada start block/tanah.







                                 Gambar 55: Aktivitas pembelajaran 4 lari jarak pendek

Aktivitas Pembelajaran 4 :
Merebahkan Badan dari Sikap Berdiri

Aktivitas pembelajaran dengan cara merebahkan badan dari sikap berdiri lari jarak pendek sebagai berikut.
a. Berdiri menghadap arah gerakan, dan kedua kaki dibuka selebar bahu.
b. Dilakukan perorangan atau kelompok.
c. Saat aba-aba "hop" rebahkan badan ke depan bersamaan kedua lengan diayun ke depan dan salah satu kaki dilangkahkan ke depan.
d. Untuk menanamkan nilai-nilai percaya diri, keberanian, bersedia berbagi tempat dan peralatan.



 


                                Gambar : Aktivitas pembelajaran 5 lari jarak pendek

Aktivitas Pembelajaran 5 : Merebahkan Badan diawali Gerak Berjalan dilanjutkan dengan Lari Jogging

Aktivitas pembelajaran dengan cara melakukan gerakan merebahkan badan diawali gerak berjalan dilanjutkan dengan lari jogging lari jarak pendek sebagai berikut.

a. Dilakukan perorangan atau kelompok.
b. Lakukan gerak berjalan/jogging.
c. Saat aba-aba "hop" rebahkan badan ke depan bersamaan kedua lengan diayun ke depan dan salah satu kaki dilangkahkan ke depan.
d. Untuk menanamkan nilai-nilai percaya diri, keberanian, bersedia berbagi tempat dan peralatan.






                               Gambar : Aktivitas pembelajaran 6 lari jarak pendek

Demikian  materi kali ini.Semoga bermanfaat..amiin!!


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter