-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

PENONTON vs PEMAIN


 

Wahai penonton? Petikan sebuah lagu bergenre dangdut yang sempat top dijamannya. Begitu pentingnya penonton pada suatu kegiatan/event. Kenapa harus ada penonton. Bukankah penonton hanya bermodalkan mata untuk melihat tampilan kemampuan seorang atlit, artis. Atau siapa saja yang tampil ditempat umum. Apa jadinya suatu pertandingan/perlombaan atau event tanpa penonton.

Ataukah seperti ini, penonton terkadang lebih pintar dari pemain. Sehingga mampu mengomentari aksi sang pemain atau artis yang beraksi di lapangan atau dipanggung. Terkadang penonton menjadi sorotan atas aksi aksinya bahkan kondisi tertentu  penonton menjadi penentu kemeriahan dan kemenangan pada suatu pertandingan. Begitu heroiknya penonton atau nama krennya supporter .

Penonton terkadang dianggap kurang dan tidak berkonstribusi terhadap suatu kesuksesan seseorang atau satu klub. Banyak yang mencibir apa pentingnya penonton. Bahkan banyak beranggapan penonton hanya pintar berkomentar, mencela terhadap kegagalan seseorang atau pemain/bintang. Ada pameo mengatakan penonton menjadi pemain ke 12 di lapangan bola. Penonton mampu memberi roh dan gairah bermain berlipat-lipat sehingga sang bintang mampu memberikan aksi yang perpect terhadap penontonnya. Dan penonton mampu memberi warna tersendri terhadap jalannya pertandingan atau pementasan. Penonton juga yang menentukan sukses tidaknya pemain, bintang. Apa jadinya perhelatan tanpa penonton?.

Dan penontonnlah yang mentasbihkan bahwa seseorang itu adalah pemain,bintang yang hebat, tanpa penonton pemain, bintang tidak ada apa-apanya. Tidak ada pemain hebat tanpa penonton yang memberi label pemain hebat. Karena sesungguhnya penontonlah yang memberi gelar seseorang itu bintang yang hebat. Tanpa penonton bintang tak ada apa-apanya.

Maka dari itu tiada bintang tidak ada apa-apanya tanpa penonton yang setia, yang memberi gelar sang bintang. Dan penonton bagian orang orang yang sukses. Walau sesungguhnya penonton hanya mendapatkan kebahagiaan jika melihat idolanya menampilkan yang terbaik. Penonton tidak mendapatkan sisi material bahkan penonton rela mengeluarkan isi koceknya demi sang bintang. Tetapi penonton juga akan bersedih jika idolanya tidak mampu menampilkan yang terbaik. Meskipun sang penonton telah membayar untuk menyaksikan idolanya. Hanya sedih, sendu yang didapatkan.

Dari itu semua penonton punya peranan penting dalam kesuksesan sang bintang. Walau sang penonton rela mengorbankan material, waktunya, demi sang bintang.

Menarik dari cerita sang penonton  yang berbuat untuk idolanya. Dalam kehidupan sehari hari dalam kehidupan bahwa rakyat diposisikan sebagai penonton adalah hal yang baik, tetapi penonton bukan berarti tidak tahu apa apa, atau tidak punya peranan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Boleh jadi penonton dianggap tidak ada apa-apanya, tidak mampu berbuat Cuma diharap untuk menyaksikan atau disuguhkan kepadanya sebagai penonton. Tetapi itu sebenarnya mereka tahu mereka mengerti paham apa yang diberikan bahkan penonton cerdas mampu menebak apa yang akan terjadi, bahkan mampu tahu apa maksud dan tujuan yang di suguhkan. Cuma peranannya lah hanya sebagai orang-orang yang dianggap hanya mampu  sebagai pelengkap, dianggap hanya bisa menerima keadaan. Apa artinya seorang bintang tanpa penonton. Apa artinya pemimpin tanpa rakyat. Penonton dan pemain satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Karena mereka ada dengan tugas dan peranannya masing yang saling memberi dan menerima dan kedua duanya punya peranan sangat penting.

Begitupun pemimpin lahir dari rakyat. Pemimpin kuat, hebat karena adanya rakyat memberi konstribusinya yang hebat. Rakyat memberi dukungan, support, pemimpin memberi yang terbaik untuk rakyatnya. Penonton dan rakyat tahu apa yang terjadi, bagaimana yang baik, bukan tidak tahu apa-apa. Jadi pemimpin hebat lahir dari rakyat yang hebat. Begitupun pemain, bintang yang hebat dari penonton yang hebat.

Jadi kesimpulannya pemain, bintang tidak bisa dipisahkan karena punya tugas dan fungsi masing. Begitupun rakyat dan pemimpinnya.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter