-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

BENTUK-BENTUK LATIHAN SENAM


1.  Latihan Gerakan Guling Depan

Guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang). Latihan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awal berdiri.

 

 

 Gambar: Serangkaian gerakan guling depan

 

2.  Latihan Gerakan Guling Belakang

Guling ke belakang adalah menggulingkan badan ke belakang, dengan posisi badan atau tetap harus membulat, yaitu kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, kepala ditundukkan sampai dagu melekat di dada.

 

 

  Gambar: Serangkaian gerakan guling belakang

 

3.  Lenting Tangan

Handspiring adalah suatu gerakan dengan bertumpu kedua tangan di lantai disertai tolakan/lemparan satu kaki dari belakang ke arah depan atas dan mendarat atas dua kaki hingga berdiri tegak.

Melihat dari tolakan kaki dan cara mendarat dapat dibedakan: (1) Tolakan satu kaki, mendarat atas dua kaki, (2) Tolakan satu kaki, mendarat atas satu kaki dan (3) Tolakan dua kaki, mendarat atas dua kaki.

Untuk membina siswa agar dapat melakukan handspring terlebih dahulu harus menguasai handstand. Hal ini akan memudahkan siswa dalam berlatih handspring.

 

 

 

 

 Gambar: Serangkaian gerakan handspring

 

4.  Latihan Gerakan Meroda

Meroda adalah suatu gerakan ke samping dengan bertumpu atas kedua tangan dan kaki terbuka lebar. Meroda dapat dilakukan dengan gerakan ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini kelihatannya mudah untuk dilakukan, tetapi memerlukan koordinasi gerakan yang tinggi. Tanpa adanya koordinasi yang baik, gerakan ini sukar untuk dilakukan.

 

  Gambar: Serangkaian gerakan meroda

 

5.  Latihan Gerakan Guling Lenting

Latihan guling lenting adalah suatu gerakan melenting badan ke atas-depan yang disebabkan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Tolakan itu dimulai dari sikap setengah guling ke belakang atau setengah guling ke depan dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus.

 

 

 Gambar: Serangkaian gerakan guling lenting



Demikian materi senam ini sebagai latihan senam di kelas sebagai mata

pelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan.

Semoga bermanfaat.. amiin!!


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter