-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

RENANG GAYA DADA

bacaki.id



1. Latihan Renang Gaya Dada
          Renang gaya dada sering juga disebut renang gaya katak, karena renang gaya dada tersebut mirip sekali gerakan katak pada waktu berenang. Perbedaannya, pada manusia sikap meluncurnya dilakukan dengan kedua kaki dan tangan lurus, sedangkan pada katak hal ini tidak dijumpai. Gaya dada ke-19 sudah diajarkan dan diperlombakan di sekolah-sekolah termasuk sekolah militer, sehingga dikenal dengan nama gaya sekolah atau schoolslag.
a.    Latihan Posisi Tubuh
             Cara melakukan gerakan posisi tubuh adalah sebagai berikut.
(1)  Badan beserta seluruh anggota badan rileks. Maksudnya agar jangan sampai mengeluarkan tenaga yang tidak ada gunanya. Juga mempermudah membuat sikap badan terapung di permukaan air.
(2) Badan harus sehorizontal mungkin agar tahanan terhadap air sekecil mungkin.
(3) Sewaktu meluncur ke depan dengan badannya relatif datar, kepala kira-kira 80% dalam air, dengan muka agak terangkat sedikit ke depan.

b.    Latihan Gerakan Kaki
bacaki.id
Ada dua teori mengenai gerakan kaki, yaitu sebagai berikut.
1.    Teori gerakan baji
Teori ini dekembangkan oleh Davis Dalton pada 1907, yang menyatakan bahwa gerakan maju atau luncuran kedepan yang diperoleh dari gerakan kaki ialah karena meluruskan atau menyentakkan kedua kaki dengan kuat. Akibat dari gerakan itu air ditekan antara kaki-kaki dan mendorong badan maju. Teori ini bertentangan dengan teori Hukum Aksi Reaksi Newton, yang menyatakan gerakan maju ke depan akibat desakan dari belakang. Teori gerakan baji ini sudah jarang atau tidak dilakukan lagi.
2.    Teori gerakan cambuk
Teori gerakan cambuk kali pertama dilakukan oleh Chet Jastremski pada  1961. Teori ini menyatakan bahwa gerakan maju aatau luncuran ke depan yang diperoleh dari gerakan kaki ialah dari gerakan mendesak air ke belakang dengan telapak kaki. Teori ini mendasar pada teori Hukum Reaksi Newton. Sampai sekarang teori masih dikembangkan dimana-mana.
Cara melakukan latihan teori gerakan mencambuk adalah sebagai berikut.

gaya dada
bacaki.id
bacaki.id
1.      Bentuk-bentuk latihan gerakan kaki

a.      ­Latihan gerakan kaki dengan posisi terlentang




bacaki.id

b.      Latihan gerakan kaki ditempat

gaya dada
a.    Latihan Gerakan Lengan
Pada prinsipnya gerakan lengan gaya dada dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
1). Gerakan menarik
      Cara melakukannnya :
a.)  Menarik kedua telapak tangan ke luar (ke samping sampai berjarak kira- kira 30 cm satu sama lainnya).
b.)  Bengkokkan keduaa siku sedikit dan lengan bagian atas diputar sekedarnya, kemudian tariklah kedua telapak tangan ke belakang dengan kuat sampai segaris dengan bahu. Posisi siku-siku yang tinggi tampak dengan nyata pada saat ini.
c.)  Putarlah kedua telapak tangan ke arah dalam, sampai kedua telapak tangan bertemu dibawah dada. Kedua siku mengikuti rapat di bawah dada.
2). Gerakan istirahat
      Setelah kedua telapak tangan dan kedua siku rapat di bawah dada, selanjutnya kedua tangan tersebut didorong ke depan lurus. Usahakan kedua tangan rileks dan dalam posisi horizontal. Gerakan ini merupakan saat istirahat untuk lengan.
3). Teknik gerakan lengan
gaya dafa

a.    Latihan gerakan mengambil dan mengeluarkan napas
       Gerakan mengambil napas atau menghirup udara dilakukan pada akhir  pull dari gerkan lengan, yaitu pada saat tangan siap didorong ke depan, kepala diangkat sampai batas mulut ke luar permukaan air, dan segera menghirup udara melaui mulut dan hidung. Pada saat menghirup udara, badan harus tetap diusahakan pada posisi horizontal dan bahu  jangan sampai keluar dari permukaan air.
       Mengluarkan udara (napas) dilakukan saat  recovery lengan, yaitu pada saat tangan didorong kedepan lurus, mulut dan hidung masuk ke permukaan air. Segera setelah itu udara dikeluarkan sedikit-demi sedikit melalui mulut dan hidung.
b.    Latihan gerakan koordinasi
       Koordinasi gerakan keseluruhan renang gaya dada ialah koordinasi antara gerakan kaki, gerakan lengan, dan gerakan pengambilan napas. Serangkaian  koordinasi gerakan gaya renang gaya  dada adalah sebagai berikut.

bacaki.id


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter