-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

Lompat Jauh



Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat selain lompat jangkit, lompat tinggi, dan lompat tinggi galah. Tujuan lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya dengan memindahkan seluruh tubuh dari titik-titik tertentu ke titik lainnya, dengan cara berlari secepat-cepatnya kemudian menolak, melayan di udara dan mendarat.

          Ada tiga cara sikap melayang di udara dalam lompat jauh, di antaranya:https://www.bacaki.id/2020/04/tiga-3-gaya-dalam-lompat-jauh.html
a)   Gaya jongkok (waktu melayang bersikap jongkok)
b)   Gaya lenting (waktu di udara badan dilentingkan) atau gaya menggantung.
c)    Gaya berjalan di udara (waktu di udara kaki bergerak seolah-olah berjalan di udara)

1.    Teknik Dasar Lompat Jauh
Kelangsungan dan gerak lompat jauh dapat dibagi sebagai berikut:
a)   Awalan atau ancang-ancang
b)   Tumpuan atau tolakan
c)    Melayang di udara
d)   Mendarat di bak pasir

a.    Awalan atau ancang-ancang
Guna awalan atau ancang-ancang pada lompat jauh adalah untuk mendapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya sebelum mencapai balok tolakan. Pajang awalan untu melaksanakan awalan lompat jauh tidak kurang dari 45 meter.
Cara melakukan awalan atau ancang-ancang lompat jauh sebagai berikut:
1)   Lari ancang-ancang tergantung pada kemampuan masing-masing
2)   Tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit sebelum bertumpu/bertolak.
3)   Pinggang diturunkan sedikit pada satu langkah akhir ancang-ancang

b.    Tumpuan
Tumpuan atau tolakan kaki harus kuat agar tercapai tinggi lompatan yang cukup tanpa kehilangan kecepatan maju. Kaki ayun digrakkan secara altif agar membantu menaikkan badan dan menjaga keseimbangan berat badan sedikit di depan titik tumpuan.
Cara melakukan tumpuan atau tolakan sebagai berikut:
1)   Ayunan pada kaki ke posisi horizontal dan dipertahankan
2)   Luruskan sandi mata kaki, lutut, dan pinggang pada waktu melakukan tolakan
3)   Bertolaklah ke depan dann ke atas
4)   Sudut tolakan 45 derajat

c.    Melayang di udara
Sikap badan melayang di udara yaitu sikap setelah kaki tolak menolakkan kaki pada balok tumpuan. Badan akan dapat terangkat melayang di udara, bersamaan dengan ayunan kedua lengan ke depan atas. Tinggi dan  jatuhnya hasil lompatan sangat tergantung dari besarnya kekuatan kaki tolak, dan pelompat harus meluruskan kaki tumpu selurus-lurusnya dan secepat-cepatnya.
d.    Mendarat
Untuk menghindarkan pendaratan pada pantat, kepala ditundukkan dan lengan diayunkan ke depan sewaktu kaki menyentuh pasir. Titik berat badan akan melampaui titik pendaratan kaki di pasir. Kaki tidak kaku da tegang, melainkan lemas-lentur. Maka sendi lutut harus siap menekuk pada saat yang tepat. Gerakan ini memerlukan waktu (timing) yang tepat.
2.    Variasi latihan lompat jauh
1)   Latihan 1
Lakukan lompatan berturut-turut dengan  kaki tolak, bertolak dan mendaratlah di atas kaki ayun yang lain, lalu melangkah dan bertolak lagi.
2)   Latihan 2
Seperti latihan 1, tetapi diselingi dengan fase lari di antara tolakan.

3)   Latihan 3
Dengan lari awalan 5-9 langkah, bertolak dengan gerak kombinasi yang baik dan menahan posisi ini sampai mendarat.
4)   Lakukan 4
Dengan awalan 5-9 langkah bertolak dengan penekanan pada angkatan dan dorongan ke atas dan menahan posisi ini samapi saat terakhir kedua kaki dibawa ke daerah pendaratan.


5)   Latihan 5
Dengan awalan 5-9 langkah, bertolak dengan dorongan kaki yang kuat dan lutut diangkat dan kemudian merubah posisi kaki sesaat sebelum mendarat.
6)   Latihan 6
sedikit demi sedikit menambah jarak lari awalan, melatih teknik gerakan secara lengkap (tolakan dilakukan dari tempat yang sedikit agak naik dalam rangka menyediakan waktu lebih lama di udara).



Related Posts

28 comments

  1. Assalamualaikum pak, apa itu lompat jangkit dan apa bedanya sama lompat jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wslm ..
      Perbedaannya adlh pada lompat jauh teletak pada lompatannya.
      Maksudnya jika pelompat jauh satu kali lompatan ke bak pasir . Dalam lompat jangkit , atlit harus melakukan tiga fase lompatan

      Delete
  2. Hasil lompatan pelompat jauh dihitung dengan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarak lompatan diukur dari papan tolakan hingga jejak kaki di bak pasir

      Delete
  3. Assalamualaikum pak, Berapa panjang dan lebarnya papan tumpuan pada lompat jauh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wslm
      papan tumpuan
      lebar 10 Cm
      Panjang 1,2 M

      Delete
  4. Pak bagaimana cara melakukan tumpuan dengan benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca kembali materi ini tentang "Tumpuan/Tolakan "
      Atw LBH jelasnya kita praktekan nanti di pelajraan

      Delete
  5. Assalamualaikum pak, Panjang dan lebar bak lompatnya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panjang bak : 9 meter
      Lebar bak ; 2,75 meter

      Delete
  6. Assalamualaikum pak, apa itu timing pak. sama berapa jarak antara star lari dengan tempat tumpuan kaki dalam lompat jauh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panjang lintasan 13-45 Meter
      Timing dlam lompat lauh adalh ketepatan tumpuan kaki di papan tumpuan , mis. Kaki kanan yang kuat maka timingnya hrus kaki kanan bertumpu. Dan seterusnya

      Delete
  7. Assalamualaikum wr.wb pak, berapa Panjang dan lebar bak lompat dalam lari jauh pak???

    ReplyDelete
  8. Amaliyah syahrinaApr 6, 2020, 8:53:00 PM

    Assalamualaikum pak, Awalan lompat jauh bertujuan untuk apa pak?

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum wr wb pak, apa fungsi dari tolakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wslm ,untuk mendapatkan lompatan yang jauh

      Delete
  11. Assalamualaikum pak, kaki bagian mana yg menjadi tumpuan saat lompat jauh?

    ReplyDelete
  12. Anastasya Putri MRApr 8, 2020, 4:19:00 PM

    Assalamualaikum pak, kaki bagian mana yg menjadi tumpuan saat lompat jauh?

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum pak,Apa Manfaatnya Lompat Jauh Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olahraga bermanfaat termasuk lompat jauh jika dilakukan secra rutin akan bermanfaat pada jasmani dan rohani. Dan masih bnyak manfaat lainnya.

      Delete
  16. Assalamualaikum pak, bagaimana cara kita menjaga keseimbangan badan saat melakukan lompat jauh?

    ReplyDelete

Post a Comment

isi disini

Subscribe Our Newsletter