-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

Variasi latihan Permainan Bola Voli (1)


Variasi latihan dilakukan terutama untuk mempelajari teknik permainan bola voli, agar siswa menguasai unsur-unsur dasar permaian. Perhatian siswa diarahkan pada perincian teknik permainan bola voli dengan lebih intensif. Keterampilan mengendalikan bola sangat ditonjolkan, walaupun itu dirasakan sebagai penghambat kelancaran permainan.
Variasi rangkaian latihan mengandung lima unsur dasar antara lain: passing bawah, passing atas, servis, smash dan blocking. Latihan dimulai dengan gerakan-gerakan yang sederhana. Kemudian dilanjutkan dengan bentuk-bentuk yang lebih rumit dan berkhir pada penerapan teknik-teknik yang dipelajari dalam jenis permainan dari rangkaian permainan yang sesuai.
a.      Memainkan bola dengan melewati tali
Permainan ini merupakan persiapan yang ideal untuk permainan bola voli. Aturan permainan sederhana, begitu pula tekniknya (lempar dan tangkap). Permainan ini memungkinkan adanya peningkatan menuju pertandingan yang berlangsung cepat dan memeras tenaga.
a)      Jumlah pemain                        : 3 – 4 orang disesuaikan dengan luas lapangan.
b)      Peralatan                     : tali yang dibentangkan 2,00 meter dan bola voli.
c)      Tempat                                    : lapangan bola voli.
d)      Cara memainkannya    :
(1)   Dua regu saling berhadapan dengan dibatasi tali yang terentang di tengah-tengah.
(2)   Bola harus dilemparkan sedemikian rupa, sehingga jatuh ke lantai di bidang permainan lawan dan diusahakan dapat menyulitkan untuk ditangkap dan dilemparkan kembali oleh lawan.
(3)   Baik pemain maupun bola tidak boleh sampai menyentuh tali. Apabila ini terjadi, regu lawan mendapat satu angka kemenangan.
bacaki.id
Variasi latihan bola voli 

(4)   Bola harus dilemparkan kembali dari posisi penagkapan. Bola boleh dioperkan sampai dua kali di bidang sendiri.
(5)   Lemparan pada awal permainan dan setelah terjadi angka kemenangan dilakukan oleh pemain belakang. Lemparan dilakukan dari garis belakang.
(6)   Regu yang menang ialah yang lebih dulu mencapai 25 angka (atau dengan selisih kemenangan paling sedikit 2 angka).
b.      Memainkan bola dengan ditangkap
Dibandingkan dengan permainan “bola boal lewat tali”, bentuk kedua dalam rangkaian permainan ini mengandung sejumlah kesulitan. Siswa harus berlari ke bawah bola guna melakukan passing atas. Pengoperan bola di bidang permainan sendiri merupakan keharusan. Hasil permainan hanya bias dicapai dengan bantuan rekan seregu (pemain dibiasakan untuk bermain demi kepentingan regu).
a)      Jumlah pemain                        : 6 orang atau disesuaikan dengan luas lapangan.
b)      Peralatan                     : tali/net yang dibentangkan 2,50 – 3,00 meter dan bola voli.
c)      Tempat                                    : lapangan bola voli.
d)      Cara meainkannya       :
(1)   Dua regu saling berhadapan dengan tali yang dibentangkan di tengah-tengah.
(2)   Bola harus dilemparkan sedemikian rupa, sehingga jatuh ke lantai di bidang permainan lawan dan diusahakan dapat menyulitkan untuk ditangkap dan dilemparkan kemabali oleh lawan.
bacaki.id

(3)   Bola yang datang dari pihak lawan harus dipantulkan ke atas (passing atas), setelah itu baru boleh ditangkap teman seregu dan dilemparkan kembali.
(4)   Pemain yang menerima bola dari lawan melakukan passing atas ke pemain berikut yang melakukan passing atas lagi ke pemain ketiga atau pertama. Pemain ini yang boleh menangkap bola dan mengembalikannya ke daerah lawan.
(5)   Penagkapan bola tidak boleh melemparkannya, tetapi setelah menangkapnya lalu melambungkan dan kemudian mengembalikannya ke daerah lawan dengan passing atas. Dengan pengaturan khusus ini permainan menjadi lebih lambat, tetapi memaksa diadakannya pengoperan ke depan (bola tidak boleh di bawa sambal berlari).
c.       Memainkan bola dengan sentuhan ganda
bacaki.id


Untuk mempermudah peralihan dari permainan “bola voli yang ditangkap” ke permainan yang sesungguhnya (sentuhan satu kali) dan juga agar siswa mendapatkan kesempatan untuk menguasai unsur-unsur teknik dan taktik bola voli, jalan memutar melewati permaianan bola voli dengan sentuhan ganda ini bermanfaat dan bahkan penting artinya.
Passing menyudut dapat dilakukan dengan gampang dan tanpa petunjuk-petunjuk khusus. Bola yang datang oleh pemain mula-mula dipantulkan tegak lurus ke atas setinggi 1 – 2 meter, dan pada sentuhan kedua diteruskan ke teman seregu atau melewati tali ke bidang permainan lawan.
a)      Jumlah pemain         :  6 orang disesuaikan dengan luas lapangan.
b)      Peralatan                   : Tali/net yang dibentangkan 2,0 meter dan bola voli.
c)      Tempat                      : Lapangan bola voli
d)      Cara memainkannya :
(1)   Dua regu saling berhadapan dengan dibatasi tali yang terentang di tengah.
(2)   Pemain yang menerima bola dari lawan herus mengoperkannya dulu ke teman seregu, yang kini boleh langsung mengembalikan ke lapangan lawan.
(3)   Sentuhan ganda merupakan cara pengoperan wajib. Menangkap dan melempar bola dihitung sebagai kesalahan, begitu pula passing atas langsung keteman seregu atau ke lapangan lawan.
(4)   Kesalahan lain: bola menyentuh lantai atau tali, pemain menginjak lapangan yang merupakan daerah lawan (melampaui garis tengah), atau menyentuh tali.
(5)   Lemparan pada awal permainan dan setelah lawan melakukan kesalahan, dilakukan dari sebelah luar garis belakang. Lemparan dilakukan dari bawah dengan kedua tangan.
(6)   Regu yang paling dulu mencapai 25 angka (atau dengan selisih paling sedikit 2 angka dari lawan), itulah yang menang.
(7)   Dalam permainan ini teknik passing atas bisa dinilai dengan lebih kritis. Di samping gerak meraup (kedua jari kelingking berdekatan), gerak menolak bola dengan pelan atau menepuk juga dinilai sebagai kesalahan.

bersambung...


Related Posts

6 comments

  1. Materi ini sangat bermanfaat bagi siswa/i yang baru pemula untuk belajar bermain voli, agar tidak terjadi kesalahan atau cedera pada
    Saat memainkannya dengan lawan.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam pemainan dan olahraga bola voli dapat membuat tubuh menjadi sehat karena mengeluarkan keringat dari tubuh. Bola voli juga dapat mehilangkan atau menghidari kejenuhan siswa / siswi dalam mempelajari teknik dasar pemain bola voli. Karena, pemainan dan olahraga bola voli mempunyai peraturan yang dimodifikasi yang membuat siswa / siswi dapat mehilangkan atau menghindari kejenuhan ketika belajar atau memainkan permainan atau olahraga bola voli ini.

      Delete
  3. Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat menyehatkan tubuh, mengembangkan sikap sportivitas, kerja sama dan dapat melatih otot lengan kita..

    ReplyDelete

Post a Comment

isi disini

Subscribe Our Newsletter