-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

Kedisiplinan dan Prestasi Belajar


Kedisiplinan dan Prestasi Belajar
n  Pengertian Disiplin
Disiplin adalah sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain mempercayainya, karena modal utamadalam berwirausaha adalah memperoleh kepercayaan dari orang lain.Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yangberarti pengajaran atau pelatihan.Disiplin berasal dari bahasa Inggris yaitu “disciple” yang berarti pengikut atau murid.
Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapapengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran atau tunduk padapengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib. Perkataan disiplin mempunyai arti latihan dan ketaatan kepada aturan. Dengan melaksanakan disiplin, berarti semua pihak dapat menjamin kelangsungan hidup dan kelancarankegiatan belajar, bekerja, dan berusaha. Kemauan kerja kerasyang kita peroleh dari disiplin, akanmelahirkan mental yang kuat dan tidak mudah menyerah walaupun dalam keadaan sulit.
n   Macam Kedisiplinan
a. Disiplin dalam Menggunakan Waktu
 Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dansalah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik
b. Disiplin dalam Beribadah
 Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peratuaran yang terdapat didalamnya.Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan, Allah SWT senantiasa menganjurkan manusiauntuk Disiplin, sebagai contoh firman Allah SWT.
 c. Disiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Kedisiplinan merupakan hal yang amat menentukan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan,sampai terjadi erosi
maka pencapaian tujuan pendidikan akan terhambat, diantara faktor-faktoryang mempengaruhinya adalah :1) Faktor tuntutan materi lebih banyak sehingga bagaimana pun jalannya, banyak ditempuh untukmenutupi tuntutan hidup2) Munculnya selera beberapa manusia yang ingin terlepas dari ikatan dan aturan serta ingin sebebas-bebasnya3) Pola dan sistem pendidikan yang sering berubah4) Motivasi belajar para peserta didik dan para pendidik menurun5) Longgarnya peraturan yang ada
Hal yang memicu indisipliner (Guru)
n  Kontrol terhadap aturan lemah
n  Aturan harus disertai reward dan punishment
n  Aturan yang terlalu berat dan tidak manusiawi
n  Subtansi yang dihadapkan tidak sesuai dengan kebutuhan anak (keseragaman)
n  Guru kurang menguasai kondisi kelas
n  Guru perhatiannya kurang menyeluruh
n  Guru terlambat datang
n  Guru meninggalkan kelas terlalu lama

Hal yang memicu indisipliner(Siswa)
  • Siswa yang bermasalah keluarga
  • Kesadaran orang tua mendidik anaknya
  • Geografis, sekolah dipinggiran sering terlambat masuk kelas
  • Aturan belum/tidak jelas
  • Guru belum menjadi teladan
  • Kelas yang terlalu besar
  • Guru kurang menguasai materi/metode

Penyebab perilaku tidak disiplin
  • Di luar sekolah
    • Kekerasan di masyarakat
    • Pengaruh media
    • Perasaan sebagai “generasi baru”
    • Kurangnya keamanan dalam lingkungan keluarga
    • Temperamen yang sulit
  • Di dalam sekolah
    • Kebosanan siswa di kelas
    • Perasaan tidak berdaya
    • Aturan dan kesepakatan yang tidak jelas
    • Aturan-aturan yang mengekang ekspresi
    • Serangan pada harga diri

Upaya Peningkatan dan cara yang harus dilakukana seorang guru:
  • Guru menjadi guru BK
  • Membudayakan hidup didiplin
  • Menegakkan aturan
  • Menciptakan sekolah yang komunikatif, terbuka enjoy dan aman
  • Guru menjadi teladan
  • Guru harus sepakat
 Yang perlu diperlakukan dalam rangka pembinaan kedisiplinan siswa
Setidaknya ada 4 (Empat)  hal penting terkait kedisiplinan siswa
l  Hubungan positif guru-siswa
l  Aturan atau kesepakatan
l  Monitoring perilaku
l  Konsekuensi


Memahami 5 kebutuhan dasar manusia


bacaki.id



1.      Kebutuhan akan kekuasaan

Jika kita merasa tidak punya daya maka kita akan menarik diri atau memberontak.

2.      Kebutuhan akan kompetensi
Jika kita merasa tak berguna, tidak mampu dan tidak dihargai kita akan kehilangan motivasi

3.      Kebutuhan akan kebebasan
Jika kita merasa terlalu dibatasi kita cenderung menarik diri dan merasa pahit.



 4.      Kebutuhan akan kesenangan


 Jika kita berada dalam lingkungan yang tertekan dan membosankan, maka kita akan merasa jenuh, frustasi dan melamun.
  
5.  Kebutuhan akan cinta
Jika kita merasa tidak dicintai maka kita akan merasa kesepian kurang percaya diri dan menghindar. 

Bagaimana pelaksanaan aturan dengan kesepakatan ?
Aturan dan kesepakatan
  1. Aturan Kedisiplinan kelas
§  Aturan harus jelas
§  Aturan dijelaskan pada siswa
§  Konsekuensi ditegakkan
2.      Kesepakatan kelas
§  Kesepakatan kelas disusun bersama dengan memperhatikan masukan siswa
§  Kesepakatan ditegakkan dalam pembelajaran

Mengoptimalkan kesepakatan kelas
1.      Kebutuhan akan kekuasaan
            Guru dapat memberikan siswa kekuasaan dengan:
u Memberikan pilihan,
u Memberikan tanggung jawab,
u Memberikan hak.
u Menghindari perilaku guru sebagai bos. 
2.      Kebutuhan akan cinta/dimiliki
Siswa akan merasa disayangi jika:
u Kita  memperhatikan bakat-bakat siswa
u Kita memperhatikan kualitas yang unik siswa.
u Kita menciptakan keamanan emosional.
u Kita mendukung kebersamaan
u Kita membina rasa saling menyayangi dari siswa.

3.      Kebutuhan akan kompetensi
Guru dapat memberikan rasa mampu/kompeten  kepada siswa dengan:
u menunjukkan kemajuan siswa dan bukan sekedar output.
u memperhatikan peningkatan pencapaian dan gagasan asli
u membantu siswa mencapai tujuan yang mereka inginkan. 

4.      Kebutuhan akan kebebasan
            Guru dapat membantu siswa mengalami kebebasan melalui:
n  Dukungan otonomi dan kreativitas ketika mereka mendapatkan tanggung jawab.
n  Menghargai upaya-upaya positif siswa

5.      Kebutuhan akan kesenangan
            Guru dapat mendukung perasaan senang siswa dengan:
u menggunakan humor,
u memberi kesempatan bermain,
u menyampaikan pembelajaran yang menarik
u mempergunakan kompetisi yang sehat.

 Prestasi Diri Siswa dalam Belajar
bacaki.id
bacaki.id



MENGENAL POTENSI DIRI UNTUK BERPRESTASI  
SESUAI DENGAN KEMAMPUAN



 bacaki.id
  1.    Dapat menjadi pengalaman berharga bagi seseorang dan sebagai bahan informasi untuk masa depan
  2.      Dapat menjadi indikator (penanda) kuantitas,dan kualitas yang dicapai dari suatu kegiatan
  3.       Dapat menjadi indikator (penanda) kuantitas, dan kualitas yang dicapai dari suatu kegiatan
  4.      Dapat menjadi pengalaman berharga bagi seseorang dan sebagai bahan informasi untuk masa depan
  5.  Dapat mendatangkan kebahagiaan
  6. .Dapat menjadi pengalaman berharga bagi seseorang Dapat menjadi kebanggaan bagi diri sendiri, kelompok dan masyarakat dan sebagai bahan informasi untuk masa depan
  7.       Dapat menjadi pengalaman berharga bagi seseorang dan sebagai bahan informasi untuk masa depan





bacaki.id 


Ø Meningkatkan harkat dan martabat bangsa
Ø Dapat menjadi pengalaman berharga bagi seseorang dan sebagai bahan informasi untuk masa depan
Ø Menjadi bangsa yang unggul dan berkualitas 
Ø Dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
Ø Lancarnya pembangunan di segala bidang kehidupan demi kemajuan bangsa















bacaki.id 







Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter