Pertumbuhan dan perkembangan memengaruhi
dan dipengaruhi ( Interaction )
dengan keputusan-keputusan yang diambillnya setiap saat,sehingga merupakan
suatu proses yang dinamis.Memang ada beberapa tahap ( Stadium ) tertentu di
dalam proses pertumbuhan dan perkembangan,tetapi setiap orang yang tumbuh dan
berkembang dipengaruhi oleh faktor-faktor keturunan,lingkungan dan
pengalaman-pengalaman pribadi.
![]() |
siswa SMAN.6 Barru |
1.
Umur
6 – 14 Tahun
a.
Perkembangan
Jasmani
1)
Perkembangan jasmani relatif lambat daripada perkembangan pada usia sebelumnya.
2)
Adanya pertumbuhan bola mata,sehingga ada kemungkinan terjadinya gangguan
penglihatan pada masa ini.
3)
Kerangka Tulang belakang serta ligament
masih lemah,sehingga perlu dijaga sikap duduk dan berdiri yang baik.
4)
Masa pubertas yang terjadi pada akhir masa ditandai dengan adanya pertumbuhan
badan yang sangat cepat.
5)
Telah tampak tanda-tanda permulaan masa adolesensia ( masa remaja ),pada anak
laki-laki suara membesar, pada anak perempuan membesarnya buah dada serta haid
pertama.
6)
Perkembangan jasmani sangat dipengaruhi lingkungan mental dan sosial.
b.
Perkembangan
jiwa ,emosi , sosial dan intelek
1)
Mulai belajar menghitung, membaca, menulis,
mengadakan konsepsi, simbolisasi dan komunikasi.
2)
Dimulai suatu
perkembangan “Kepribadian sosial” dan mulai menyadari konsep-konsep hidup, ( concience , moralitas dan norma
kehidupan ).
3)
Pada masa pubertas (12 –
14), energi meluap-luap , avonturisme dan hubungan dengan orang lain masih
canggung.
4) Nilai
religi ( agama ) , etik , dan estitik belum mendalam.
c.
Kebutuhan
1.
Jumlah makanan yang cukup
serta mempunyai nilai gizi yang tinggi
2.
Latihan-latihan jasmani
dan istirahat yang cukup serta teratur
d.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi
a.
Problem gizi antara lain
disebabkan faktor emosianal
b.
Penyakit
2. Masa
Adolesensia ( Masa Remaja )
a.
Perkembangan Jasmani
1.
Fungsi organ-organ
endoktrin telah mencapai kesempurnaan
2.
Jaringan otot pada
laki-laki berkembag daripada otot anak perempuan.
b.
Perkembangan jiwa ,
emosi, sosial dan intelek
1.
Pemikiran sudah kritis ,
juga terhadapa kewibawaan orang tuannya
2.
Emosi belum mencapai
suatu stabilitas tertentu dan perlu adanya simpati dan nasehat-nasehat.
c.
Kebutuhan (requirements)
1.
Perlu peanggapan secara
perorangan, jangan disamaratakan semua anak, tanpa mengabaikan faktor-faktor
diluar diri mereka.
2.
Perlu bantuan dalam
meringankan setiap tekanan (stress) baik fisik maupun mental
d.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi
1.
Kurang pengertian,
pengetahuan serta perhatian tentang kesehatan, dapat menimbulkan bermacam-macam
penyakit, cidera akibat kecelakaan, animea, penyakit kulit, TBC, kekurangan
gizi, obesitas, problem-problem psikologis, problem-problem seks dan lain-lain.
2.
Kehidupan
sprinatural yang baru berkembang dapat
berubah-ubah menurut situasi, kondisi dan waktu serta dapat menimbulkan
penyelewengan atau tindakan ekstrim.
e.
Usaha-usaha yang perlu
dikerjakan untuk memenuhi kebutuhan.
1.
Pendidikan kesehatan
termasuk didalamnya terntang perkawinan dan kehidupan keluarga
2.
Usaha bimbingan dan
nasehat bagi pelajar
3.
Olahraga kesehatan
4. Pendidikan
tentang bahaya-bahaya lingkungan
SUMBER:
Buku PJOK Kelas XII,
muhajir 2002
0 Comments
isi disini