-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

Latihan Peningkatan Kelincahan


Latihan Peningkatan Kelincahan
Kelincahan (agility) adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan. Kelincahan berkaitan dengan tingkat kelentukan. Tanpa kelentukan yang baik seseorang tidak dapat bergerak dengan lincah. Selain itu, faktor keseimbangan sangat berpengaruh terhadao kemampuan kelincahan seseorang. Bentuk-bentuk latihan kelincahan, antara lain : lari bolak-balik (shuttle run), lari belak-belok (zig-zag) dan jongkok berdiri (squat trush).
a.      Latihan mengubah gerak tubuh arah lurus (shuttle run)
1)      Tujuannya : melatih mengubah gerak tubuh arah lurus.
2)      Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a)      Lari bolak-balik dilakukan secepat mungkin sebanyak 6-8 kali (jarak 4-5 meter)
b)      Setiap kali sampai pada suatu titik sebagai batas, si pelari harus secepatnya berusaha mengubah arah
c)      Perlu diperhatikan bahwa jarak antara kedua titik antara kedua titik tidak boleh terlalu jauh dan jumlah ulangan tidak terlampau banyak, sehingga menyebabkan kelelahan bagi si pelari.
d)      Dalam latihan ini yang diperhatikan ialah kemampuan mengubah arah dengan cepat pada waktu bergerak.
b.      Latihan lari belak-belok (zigzag)
1)      Tujuannya : melatih mengubah gerak tubuh arah berkelok-kelok
2)      Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a)      Latihan ini dilakukan dengan cara berlari bolak-balik dengan cepat sebanyak 2-3 kali di antara beberapa titik (misalnya 4-5 titik)
b)      Jarak setiap titik sekitar dua meter.
c.       Latihan mengubah posisi tubuh/jongkok-berdiri (squat-thrust)
1)      Tujuannya : melatih mengubah posisi tubuh (jongkok dan berdiri tegak).
2)      Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a)      Berdiri dengan sikap ancang-ancang , kedua lengan disamping badan lengan disamping badan dengan siku bengkok, perhatikan aba-aba peluit.
b)      Bunyi peluit pertama, lari ke depan secepat-cepatnya
c)      Bunyi peluit kedua, lari mundur secepat-cepatnya
d)      Bunyi peluit keempat, lari kesamping kanan secepat-cepatnya
e)      Latihan ini dilakukan terus-menerus secara berangkai tanpa berhenti terlebih dahulu

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter