Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis, pukulan, fore hand
Penulis: - Feb 4, 2020
Permainan Bulu Tangkis
Sejarah

          Menurut sejarahnya, bulu tangkis berasal dari India yang disebut “Poona”. Lalu permainan ini dibawa ke Inggris dan dikembangkan di sana. Pada 1873 permainan ini dimainkan di taman istana miik Duke de Beaufort di Badminton Gloucerter  Shire. Oleh karena itu, permainan ini kemudian dinamakan “Badminton”.

pub-9165548833549821

Perkembangan permainan bulu tangkis di dunia diketahui sejak abad ke-17. Permainan ini sudah dimainkan di Eropa, India, dan Tiongkok. Perkembangan di Eropa yang paling menonjol adalah di Inggris, sehingga orang Inggrislah yang menciptakan peraturan  BuluTangkis
Pada zaman pertengahan di inggris permainan ini dilakukan oleh anak-anak yang dikenal dengan sebutan battledores atau shuttlecocks. Saat bermain battledores raket yang digunakan terbuat dari dayung atau tongkat. Pada tahun 1854 olahraga ini cukup dikenal di jalan-jalan London, saat majalah Punch mempublikasikan kartun untuk olahraga ini. Kemudian warga Inggris membawa permainan ini sampai ke negeri Jepang, Tiongkok dan Siam.Olahraga bulu tangkis ditemukan oleh petugas tentara Britania di Pune India pada abad ke 19 ketika mereka menambah peralatan jaring atau net dan dimainkan secara berlawanan. Oleh karena itu kota Pune sebelumnya populer dengan nama Poona, saat masa itu permainan ini mempunyai sebutan lain yaitu Poona. Pada tahun 1850 an para tentara membawa permainan kembali ke negara Inggris.Pada tahun 1877 adalah pertama kalinya rancangan peraturan ditulis oleh klub badminton Bath. Pada tahun 1893 dibentuk asosiasi bulu tangkis di inggris. Kejuaraan All England adalah kejuaraan internasional pertama kali yang diadakan pada tahun1899.


Pengertian :  Permainan yang dimainkan oleh individu dengan individu dan campuran dengan campuran (putra putri) menggunakan raket yang bertujuan untuk memasukkan bola ke lapangan lawan atau daerah lawan.



Teknik Memegang Raket
Bulu tangkis

a.Pegangan  Kampak atau pegangan Inggris
b.Pegangan gebok kasur atau pegangan Amerika
c.Pegangan gabungan atau pegangan berjabat tangan
d.Pegangan Backhand

Teknik Pukulan
a.Service merupakan pukulan dengan raket yang menerbangkannya kebidang lapangan lain secara diagonal,Macam-macam service yaittu servis pendek(short service),Servis drive,servis panjang(lob),dan servis flick(cambuk).
teknik pukulan bulu tangkis

b. Forhand : dilakukan dengan memegang raket posisi telapak tangan searah datangnya bola
c. Backhand : dilakukan dengan memegang raket posisi telapak tangan membelakangi arah datangnya bola