-->

Ads 720 x 90

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

Sikap Khsusus Dalam Pencak Silat


Materi yang lalu telah di bahas mengenai sikap kuda kuda dalam pencak silat, bahasan  pada materi ini lanjutan materi pencak silat yang akan membahas sikap atau gerak tertentu dalam pembelajaran pencak silat.

1).   Sikap jongkok
Sikap jongkok ada dua macam, yaitu: sikap jongkok dan jengkeng. Sikap jongkok biasa, tetapi mencangkung, pantat duduk pada ujung kedua tumit, pinggang, punggung, leher, dan kepala tegak lurus pandangan mata ke depan. Keseimbangan tetap di jaga dengan baik
sikap duduk pencak silat

2).  Sikap duduk

          Sikap duduk meliputi sikap duduk pada umumnya dan sikap sebagai dasar permainan bawah. Untuk permainan bawah ada lima sikap, yaitu: (1)

Duduk, (2) sila, (3) simpuh, (4) sempok/depok dan (5) trapsila/mengorak sila.

3).   Sikap berbaring
Sikap berbaring mempunyai fungsi untuk menjatuhkan diri dan sikap pembelaan. Sikap berbaring terdiri atas tiga bentuk, yaitu: (1) berbaring telentang, (2) berbaring miring, (3) berbaring telengkup.
       
 
bacaki.id

bacaki.id

bacaki.id



 4).  Sikap khusus
Sikap khusus adalah sikap tegak satu kaki. Sikap tegak satu kaki ini merupakan dasar melatih keseimbangan yang perlu untuk gerak pembelaan maupun serangan. Sikap khusus antara lain: (1) sikap tegak satu kaki, (2) sikap rimau, (3) sikap monyet, (4) sikap naga dan sebagainya. 


sikap khusus

pencak silat

sikap khusus

bacaki.id

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter