-->

Ads 720 x 90

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

Sikap berdiri kuda-kuda dalam pencak silat



kali ini kita membahas mengenai kuda-kuda pencak silat. 
sebagaiman bela diri lainnya, pencak silat  punya sikap dasar berdiri  kuda kuda . apa bagaimana kuda kuda tersebut , mari  pelajari bersama sama.

Kuda-kuda adalah teknik yang memperlihatkan sikap dari kedua kaki dalam keadaan statis. Teknik ini digunakan untuk mendukung sikap pasang Pencak Silat. Kuda-Kuda juga dipergunakan sebagai latihan dasar Pencak Silat untuk memperkuat otot-otot kaki.

Jenis-jenis kuda-kuda

1.    Ditinjau dari bentuknya

1).  kuda-kuda ringan               2)  kuda-kuda sedang              3)  Kuda-kuda berat
sikap kuda kuda
pencak silat

 Kuda-kuda ringan, yakni sikap kuda-kuda dengan salah satu badan atau kedua kaki menopang sebagian berat badan dan cenderung bersifat aktif.
Kuda-kuda sedang, yakni sikap kuda-kuda dengan kedua kaki menopang sebagian berat badan, bisa bersifat aktif maupun pasif.
Kuda-kuda berat, yakni sikap kuda-kuda yang salah satu atau kedua kaki menopang seluruh berat badan dan cenderung bersifat pasif.

2.   Ditinjau dari bobotnya

1). Kuda-kuda depan , yakni kuda-kuda dengan sikap salah satu kaki berada di depan sedangkan kaki lainnya di belakang dan berat badan ditopang oleh kaki depan. Posisi kedua telapak kaki membentuk sudut + 30 derajat.    
kuda-kuda depan lurus     kuda-kuda depan lurus     kuda-kuda depan serong
        tampak depan                          

sikap kuda kuda
 tampak sisi kanan
sikap kuda kuda
kuda kuda depan pencak silat

2.   Kuda-kuda belakang, yakni kuda-kuda dengan sikap salah salah kaki berada di depan, sedangkan kaki lainnya berada di belakang dan berat badan sepenuhnya ditopang oleh kaki belakang. Posisi telapak kaki depan lurus dan telapak kaki belakang membentuk sudut + 60 derajat.

          tampak sisi kanan             tampak sisi kiri                tampak sisi depan
sikap kuda kuda
pencak silat (kuda kuda belakang)

  
3.    Kuda-Kuda Tengah, yakni kuda-kuda dengan sikap kedua kaki melebar sejajar dengan bahu dan berat badan ditopang secara merata oleh kedua kaki, dapat juga dilakukan dengan posisi serong. Posisi kedua telapak kaki serong membentuk sudut + 30 derajat.
  
           tampak depan            tampak samping                     tampak depan
                       
sikap kuda kuda
pencak silat (kuda kuda tengah)

3.2.     Kuda-Kuda Samping, yakni kuda-kuda dengan posisi kedua kaki melebar sejajar dengan tubuh dan berat badan ditopang oleh salah satu kaki yang menekuk. Posisi ke dua telapak kaki sejajar membentuk sudut + 30 derajat.
       
sikap kuda kuda
Pencak Silat 



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter