-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

SENAM IRAMA (RITMIK)




Materi senam irama kali ini adalah materi pembelajaran PJOK SMA, tentu penyajiannya sederhana yang disesuaikan di sekolah

1.     Pengertian Senam Irama
Sesuai dengan namanya, senam jenis ini menyesuaikan gerakannya dengan suatu irama, dan biasanya irama musik. Akan tetapi, dapat juga dilakukan tanpa iringan musik, yaitu dengan irama hitungan yang teratur. Senam ini pada umumnya dilakukan secara beregu atau massal, tetapi peroranganpun bisa dilakukan. Dapat dilakukan tanpa ataupun dengan menggunakan alat,  seperti : tongkat/gada, simpai, bola, tongkat, dan sebagainya
            Menurut Federation Internationale de Gymnastique (FIG) senam dibagi menjadi enam kelompok, antara lain: (1) Senam Artistik (artistic gymnastic), (2) senam ritmik sportif (Sportive rhythmic gymnastic), (3) senam akrobatik (Acrobatic gymnastic), (4) senam aerobik sport (Sport aerobic), (5) senam trampolin (Trampolinning gymnastic), (6) senam umun (general gymnastic).
            Senam ritmik sportif adalah senam yang dikembangkan dari senam irama, sehingga dapat dipertandingkan. Kompoisi gerak yang diantarkan melalui tuntunan irama musik dalam menghasilkan gerak-gerak tubuh dan alat yang artistik, menjadi ciri dari senam ritmik sportif ini. alat alat yang digunakan antara lain : bola (ball), Pita (ribbon), tali (rope), simpai (hoop), dan gada (clubs).
2.     Latihan Senam Irama Menggunakan Alat Gada
senam ritmik menggunakan alat gada kali pertama digunakan/ didemonstrasikan oleh Sokol di Cekoslovakia, dan digunakan dalam kompetisi di Hongaria pada 1928. Sebagian besar keterampilan yang diperlukan adalah memadukan gerakan badan dengan gerakan gada.
Gada dapat digunakan secara efektif ada kelompok-kelompok besar untuk pengembangan bentuk tubuh yang baik, peraaan irama, serta kekuatan pada lenga dan pergelangan bahu. Gada juga dapat digunakan untuk demonstrasi senam ritmik dengan gada yang diberi cahaya sangat indah dan spektakuler.
a)      Perlengkapan dan Cara Memegang Gada
1)      Ukuran gada
Gada umumnya dibuat dari kayu yang halus, diberi warna merah, coklat, hitam, atau marna asli kayu. Sekarang digunakan pula gada dari plastik. Ukuran gada terdiri atas:
(a)   Kepala gada    : garis tengah = 3,0 – 3,3 cm.
(b)   Leher gada      : garis tengah = 2,0 – 2,3 cm.
(c)   Badan gada     : garis tengah = 6,0 – 6,3 cm.
(d)   Panjang gada  : 30 – 33 cm.
(e)   Berat gada       : 120 gram

2)      Cara memegang gada
Cara memegang gada ada tiga jenis, antara lain :
(a)   Regular grips
Memegang gada/tingkat dengan satu atau kedua tangan dan telapak tangan menghadap ke bawah
(b)   Reverse grips
Memegang gada/tingkat dengan satu atau kedua tangan dan telapak tangan menghadap keatas
(c)   Mixed grips
Cara campuran/gabungan, yaitu memegang tongkat dengan tangan yang satu menghadap ke bawah dan telapak tangan yang satu menghadap ke atas.
b)      Macam-macam gerakan senam irama menggunakan gada antara lain:
1)      Latihan gerakan pertama
a)      Sikap permulaan :
Berdiri atas kaki kanan, kaki kiri ke samping, angkat tumit, kemudian gada dipegang dengan tangan kanan lurus
b)      Gerakannya sebagai berikut:
1)      Gada dibawa horizontal ke kiri di atas kepala.
2)      Kemudian gada dibawa kembali ke kanan
2)      Latihan gerakan kedua
a)      Sikap permulaan : sama dengan latihan pertama
b)      Gerakannya sebagai berikut :
(1)   Gada dilingkarkan horizontal ke arah kiri di atas kepala
(2)   Gada dilingkarkan horizontal ke arah kanan di atas kepala
3)      Latihan gerakan ketiga
a)      Sikap permulaan : sama dengan latihan pertama
b)      Gerakannya sebagai berikut :
(1)   Gada dilingkarkan horizontal ke arah kanan di atas kepala
(2)   Gada dilingkarkan horizontal ke arah kiri di atas kepala
4)      Latihan gerakan keempat
a)      Sikap permulaan : sama dengan latihan pertama
b)      Gerakannya sebagai berikut :
1)      Gada diayunkan ke kiri
2)      Gada diayunkan kembali ke kanan
3)      Pendel ke kiri
4)      Pendel ke kanan
5)      Latihan gerakan kelima
a)      Sikap permulaan :
Berdiri di atas kaki kanan, ujung kaki kiri di samping tumit kanan, kedua tangan lurus ke depan, gada dipegang dengan tangan kanan.
b)      Gerakannya sebagai berikut :
(1)   Ayun gada kebelakang
(2)   Ayunkan kembali gada kedepan dan pindahkan ke tangan kiri. Begitu seterusnya latihan dilakukan dan gerakan dilakukan beberapa kali
6.      Latihan gerakan keenam
a)      Sikap permulaan : sama dengan latihan kelima
b)      Gerakannya sebagai berikut :
(1)   Gada dilingkarkan di samping panggul kanan
(2)   Kemudian ayunkan ke belakang
(3)   Gada dilingkarkan di samping panggul kanan
(4)   Kemudian ayunkan ke depan dan pindahkan gada ke tangan kiri. Begitu seterusnya latihan dilakukan dengan pengulangan beberapa kali dan bergantian tangan.
7.      Latihan gerakan ketujuh
a)      Sikap permulaan : sama dengan latihan kelima
b)      Gerakannya sebagai berikut :
(1)   Gada diayunkan ke belakang
(2)   Diayunkan kembali ke depan
(3)   Gerak pendel kebelakang
(4)   Ayunkan gada ke depan, gerakkan pendel-pendel ke depan terus pindahkan gada ke tangan kiri. Ulangi latihan ini beberapa kali.
8.      Latihan gerakan kedelapan
a)      Sikap permulaan : sama dengan latihan kelima
b)      Gerakannya sebagai berikut :
(1)   Ayunkan gada ke belakang
(2)   Kembali ayun ke depan
(3)   Lingkarkan di samping panggul kanan
(4)   Terus ayun lagi ke belakang
(5)   Ayunkan ke depan
(6)   Terus ayunkan lagi ke belakang
(7)   Lingkarkan di samping panggung kanan
(8)   Teruskan ke depan, kemudian pindahkan gada ke tangan kiri. Begitu seterusnya dan kemudian kerjakan dengan tangan kiri. Ulangi latihan ini beberapa kali.



Pasang Iklan Di sini

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter