-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

Peningkatan Kompetensi Guru melalui Program Kegiatan Berkelanjutan (PKB)

Bagian 1

Tulisan ini akan membahas persoalan pendidik terutama guru PJOK bagaimana  menjadi tenaga pendidik professional. Maka guru dituntut untuk selalu berbenah meningkatkan kemampuannya. Salah satu yang harus di lakukan oleh guru PJOK dalam menyelenggarakan Pendidikan di bidangnya adalah wajib melaksanakan pengembangan profesi secara berkelanjutan atau Pengembagann Keprofesian Berkelanjutan disingkat PKB.
Seperti dalam modul PKB yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016


Semoga tulisan ini sebagian merupakan kutipan dari Modul PKB akan memberikan pedoman bagi guru dan tenaga kependidikan ini merupakan acuan bagi penyelenggara pendidikan dan pelatihan dalam mengembangkan modul pelatihan yang diperlukan guru dalam melaksanakan kegiatan PKB. Dengan harapan penyebaran informasi kepada pendidik lebih meluas, dan dan sumber informasi untuk dijadikan pedoman di dalam proses belajar mengajar di kelas 
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Continuing Professional Development) adalah salah satu faktor penentu utama dari peningkatan kinerja guru dan tenaga kependidikan serta peningkatan prestasi peserta didik. Pengalaman negara-negara lain menunjukkan bahwa partisipasi guru dan tenaga kependidikan dalam program pengembangan kompetensi yang searah dengan kondisi pembelajaran dapat meningkatkan kualitas kinerja guru dan tenaga kependidikan secara signifikan. Oleh karena itu, kegiatan pengembangan keprofesian guru dan tenaga kependidikan diharapkan dapat dilaksanakan di sekolah/madrasah dan/atau kelompok/musyawarah kerja guru dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan.
Kegiatan PKB dilaksanakan oleh guru dan tenaga kependidikan didasarkan profil kinerja guru dan tenaga kependidikan sebagai hasil dari pelaksanaan uji kompetensi guru dan tenaga kependidikan. Hasil uji kompetensi ini menentukan kegiatan PKB guru yang harus dilaksanakan dan didukung dengan modul-modul sesuai dengan kebutuhan pelatihan guru.

Tujuan
Sebagaimana tujuan modul ini disajikan agar Anda memiliki kompetensi dalam memahami aspek-aspek pembelajaran yang meliputi aktivitas permainan dan olahraga bola besar, aktivitas permainan dan olahraga bola kecil, aktivitas atletik, aktivitas beladiri, dan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani serta mampu mengelola setiap aspek pembelajaran mulai dari melakukan perencanaan, melaksanakan, dan melakukan penilaian sesuai dengan standar yang berlaku.

Ruang Lingkup

Penulis coba sederhanakan dengan harapan mudah dpelajari dan dterapkan dalam pembelajaran Modul ini berisi tentang aktivitas permainan dan olahraga bola besar, aktivitas permainan dan olahraga bola kecil, aktivitas atletik, aktivitas beladiri, aktivitas pengembangan kebugaran jasmani, serta pengelolaan pembelajaran setiap aspek tersebut.

Bagaimana caranya ?
 Bacalah  secara seksama, tidak perlu tergesa gesa tidak perlu langsung harus menguasai serta tetap mencari informasi  informasi tambahan yang terkait , serta menggali lebih dalam informasi yang diberikan melalui eksplorasi sumber-sumber lain, melakukan diskusi, serta upaya lain yang relevan. Pada tahap penguasaan keterampilan diharapkan Anda mencoba berbagai keterampilan yang disajikan secara bertahap sesuai dengan langkah dan prosedur yang dituliskan dalam modul ini. Cobalah berkali-kali dan kemudian Anda bandingkan keterampilan yang Anda kuasai dengan kriteria yang ada dalam setiap pembahasan. Dalam mudul ini disarankan untuk mengerjakan tugas, tetapi penulis memberikan alternative pilihan yang langsung praktekkan dalam PBM di kelas. Sambil tetap pelajari modul secara pelan-pelan..Selain itu juga diminta untuk mengerjakan berbagai tugas/ latihan/ kasus yang disajikan. Pengerjaan tugas/ latihan/ kasus didasarkan pada informasi yang ada pada modul ini sebelumnya, dan kemudian diperkaya dengan berbagai informasi yang Anda dapat dari sumber-sumber lain.
Sebagai Evaluasi merupakan tugas lain yang perlu  di kerjakan sehingga secara mandiri Anda akan dapat mengetahui tingkat penguasaan materi yang disajikan. Ini dilakukan  disarankan setiap akhir proses belajar mengajar 

Selamat belajar dan selamat mengajar.!!!



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter