-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

Sejarah Permainan Sepakbola



Sejarah olahraga sepak bola (permainan menendang bola) dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Tiongkok. Pada masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.


Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkunganuniversitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer)  Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.
             Sepak bola adalah permainan olahraga beregu yang dimainkan masing– masing oleh sebelas orang dengan nama kesebelasan, tujuh orang dengan nama ketujuhan dan lima orang dengan nama kelimaan termasuk masing– masing seorang  penjaga gawang. Dalam permainan sepakbola, para pemain menggunakan keterampilan kakinya dan anggota badan lainnya kecuali penjaga gawang boleh seluruh bagian tubuhnya. Dalam perkembangannya sepakbola ketujuhan dan kelimaan sering dimainkan di dalam ruangan dengan nama indoor soccer atau yang sedang berkembang dan semarak sekarang adalah futsal.



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter