-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

RENANG (CARA START UNTUK GAYA BEBAS)

Sebelum melakukan lomba renang gaya jarak 12,5 meter dan 25 meter, terlebih dahulu siswa harus mempelajari cara melakukan start dan pembalikan renang gaya bebas. Secara rinci  akan diuraikan berikut ini.
Renang
1. Star Renang Gaya Bebas
Perlombaan renang dimulai dengan start. Sikap start untuk gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu dilakukan dengan berdiri di atas blok start dengan badan dibungkukkanke muka dan kedua lutut ditekuk. Adapun start untuk renang gaya punggung, kedua lutut ditekuk di antara kedua kedua lengan dan kaki bertumpu pada dinding kolam di dalam air. Start untuk gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu hampir sama, perbedaannya merapat pada sudut masuknya dalam air.
Pada gaya bebas dan gaya kupu-kupu, sudut masuknnya ke air kira-kira 15 derajat, sedangkan untuk gaya dada, sudut masuknya lebih tajam yakni sekitar 20 derajat. Ini memungkinkan perenang masuk lebih kedalam air dan ada dalam posisi baik untuk melakukan tarikan lengan dan kaki yang panjang sebelum muncul ke permukaan air.
Teknik gerakan start gaya bebas sebagai berikut.
a. Dengan sikap untuk melakukan start, kedua ujung-ujung jari dikaitkan pada bibir balok start, dengan sikap membungkuk dengan kedua lengan berada luruske belakang, sedangkan pandangan mata diarahkan lurus ke depan.
b. Bungkukkan tubuh mendekati air, dan sikap lengan diayun ke belakang.
c. Ayunkan lengan bergerak ke depan sehingga tubuh terdorong ke depan.
d. Dengan dorongan ayunan itu, tubuh condong ke permukaan air.
e. Sikap tubuh yang akan jatuh, dibantu tumpuan telapak kaki, badan mulai lepas landas.
f. Sikap tubuh melayang, lengan dan kaki diusahakan  dalam sikap lurus.
g. Sikap tubuh ketika masuk permukaan air.

Demikian materi ini, semoga bermanfaat...
Bersambung...


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter