-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

ATLETIK


MATERI PJOK KELAS X
Semester 1


1.      Atletik
   ATLETIK berasal dari bahasa Yunani “Athlon” yang berarti berlari. Atletik saat ini telah berkembang dengan pesat. Kemajuan-kemajuan dalam atletik saat ini bukan saja dilihat dari sarana yang makin sempurna, rekor-rekor dunia pun sering dipecahkan.
   
Athletic sering pula disebut dengan “track and field”. Mengapa disebut track an field? Karena atletik terdiri dari nomor lapangan dan nomor lintasan. Nomor lapangan terdiri dari nomor lompat seperti lompat jauh, lompat tinggi, lompat jangkit dan nomor lempar seperti lempar lembing, lempar cakram, tolak peluru dan lontar martil. Sementara nomor lontasan terdiri dari lari jarak pendek (sprint) lari jarak menengah, dan lari jarak jauh.
    Sebelum membahas mengenai lari jarak pendek (materi bahasan pada semester 1), perlu disampaikan bahwa nomor lari terbagi menjadi tiga nomor besar yaitu lari jarak pendek yaitu 100 meter, 200 meter dan 400 meter, lari jarak menengah mulai dari 800 meter sampai 3000 meter, dan lari jarak jauh mulai dari 5000 meter sampai dengan marathon (42,195 km).
    Lari jarak pendek adalah lari yang menempuh jarak antara 50 m sampai dengan jarak 400 m. oleh karena itu kebutuhan utama untuk lari jarak pendek adalah kecepatan. Kecepatan dalam lari jarak pendek adalah hasil kontraksi yang kuat dan cepat dari otot-otot yang dirubah menjadi gerakan halus lancar dan efisien dan sangat dibutuhkan bagi pelari untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi.

A.     START JONGKOK

Start adalah suatu persiapan awal seseorang pelari akan malakukan gerakan berlari. Untuk nomor lari jarak pendek start yang digunakan adalah start jongkok (crouch start) sedangkan untuk jarak menengah dan jauh menggunakan start berdiri (standing start)
Penempatan Start Blok
Ada tiga macam penempatan start blok, dan penempatannya disesuaikan dengan postur tubuh, yaitu :
a. Start pendek (short start)
b. Start medium (medium start)
c. Start panjang (longed start)Aba-aba Start Lari Sprint
    Lari sprint seoarang starter akan memberikan aba-aba : bersediaaa, siaaap. Yaaak atau door bunyi pistol. Adapun posisi badan saat aba-aba tersebut di atas sebagai berikut :
a. Bersedia
   Setelah starter memberikan aba-aba bersedia, maka pelari akan menempatkan kedua kaki dalam menyentuh blok depan dan belakang; lutut kaki belakang diletakkan di tanah, terpisah selebar bahu lebih sedikit, jari-jari tangan membentuk huruf V terbalik, dan kepala dalam keadaan datar dengan punggung, sedangkan pandangan mata menatap lurus ke bawah.
b. Siaaap
    Setelah ada aba-aba siaaap, seoang pelari akan menempatkan posisi badan sebagai berikut : lutut ditekan ke belakang ; lutut kaki depan ada dalam posisi membentuk sudut siku-siku 90 derajat ; lutut kaki belakang membentuk sudut antara 120-140 derajat ; dan pinggang sedikit diangkat tinggi dari bahu, tubuh sedikit condong ke depan, serta bahu sedikit lebih maju ke depan dari kedua tangan.
c. Yaak (bunyi pistol) atau drive
    Gerakan yang akan dilakukan pelari setelah aba-aba yaak adalah badan diluruskan dan diangkat pada saat kedua kaki menolak/menekan keras pada start blok ; kedua tangan diangkat dari tanah bersamaan untuk kemudian diayun bergantian ; kaki belakang mendorong kuat/singkat, dorongan kaki depan sedikit tidak namun lebih lama ; kaki belakang diayun ke depan dengan cepat sedangkan badan condong ke depan ; lutut dan pinggang keduanya diluruskan penuh pada saat akhir dorongan.

demikian materi ini , semoga bermanfaat !!


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter