Penilaian adalah hal mutlak dilakukan oleh seorang guru, dalam rangka mendapatkan informasi hasil belajar siswa. Walaupun dalam dunia pendidikan berganti kurikulum atau revisi kurikulum, model penilaian jg berubah tapi yang pasti tujuan penilaian tetap sama.
Berikut ini disajikan beberapa model penilaian dari versi KTSP dan Kurikulum 13(K13).mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK)
1.
Teknik dan Bentuk
Penilaian
a.
Tes Keterampilan
(Psikomotor)
Lakukan teknik dasar
menendang, menahan/mengontrol bola dan menggiring bolasepak, unsur-unsur yang
dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan
dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
·
Contoh penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola
(Penilaian keterampilan kecabangan)
No
|
Nama Siswa
|
Menendang
|
Menahan
|
Menggiring
|
Jml
|
Nilai
Proses
|
Nilai
Produk
|
Nilai
Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
||||||
1.
|
||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||
dsb
|
||||||||||||||||||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
·
Contoh
penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran
tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
…… > 30 kali
|
…… > 25 kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
25 – 29 kali
|
20 – 24 kali
|
90%
|
Baik
|
20 – 24 kali
|
15 – 19 kali
|
80%
|
Cukup
|
15 – 19 kali
|
10 – 14 kali
|
70%
|
Kurang
|
……. < 15 kali
|
……. < 10 kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
·
Contoh
penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan
selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
…… > 18 rintangan
|
…… > 15 rintangan
|
100%
|
Sangat Baik
|
15 – 17 rintangan
|
12 – 14 rintangan
|
90%
|
Baik
|
12 – 14 rintangan
|
9 – 11 rintangan
|
80%
|
Cukup
|
8 – 11 rintangan
|
6 – 8 rintangan
|
70%
|
Kurang
|
……. < 8 rintangan
|
……. < 6 rintangan
|
60%
|
Kurang Sekali
|
b.
Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian
afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif)
dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di
sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat,
percaya diri, dan sportivitas.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Yang
Dinilai
|
Σ
|
NA
|
|||||||||||||||||
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Menghargai
|
Semangat
|
Percaya
diri
|
Sportivitas
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
dst
|
|||||||||||||||||||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
c.
Tes Pengetahuan
(Kognitif)
Contoh
format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan sepakbola dengan metode resiprokal :
No.
|
Nama Siswa
|
Butir-butir
Pertanyaan
|
Σ
|
NA
|
||||||||||||||
Soal
No.1
|
Soal
No.2
|
Soal
No.3
|
Soal
No.4
|
Soal
No.5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||
dst
|
||||||||||||||||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1.
|
Sebutkan
macam-macam teknik gerak tipu permainan sepakbola!
|
2.
|
Sebutkan
macam-macam teknik menyundul bola permainan sepakbola!
|
3.
|
Jelaskan
cara menendang dan mengontrol bola berpasangan permainan sepakbola!
|
4.
|
Jelaskan
cara melakukan menendang, mengontrol dan menggiring bola berpasangan!
|
5.
|
Jelaskan
cara bermain sepakbola!
|
2.
Rekapitulasi Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
|||||||
6.
|
|||||||
7.
|
|||||||
8.
|
|||||||
9.
|
|||||||
10.
|
|||||||
NIlai
Rata-rata
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir
(NA) =
-----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara =
91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%
Demikian penilaian dalam mata pelajaran PJOK SMA. di Kurikulum KTSP, yang menyajikan kompleksitas penilaian yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar.
Bagaimana lagi penilaian dalam kurikulum K13. Yang diperbarui untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar.
Berikut ini contoh penilaian yang di terapkan:
1.aspek Sikap Prilaku
Bagaimana lagi penilaian dalam kurikulum K13. Yang diperbarui untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar.
Berikut ini contoh penilaian yang di terapkan:
1.aspek Sikap Prilaku
Aspek yang Diukur
|
Deskripsi Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1. Disiplin
|
Hadir tepat waktu
|
|||
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
|
||||
Selesai tepat waktu
|
||||
2. Kerja sama
|
Bersama-sama menyiapkan peralatan
|
|||
Mau memberi umpan ketika bermain
|
||||
Mau menjadi penjaga bola
|
||||
3. Tanggung jawab
|
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan
|
|||
Tidak mencari cari kesalahan teman
|
||||
Mengerjakan tugas yang diterima
|
Keterangan:
a. BT :
Belum Tampak
b. MT :
Mulai Tampak
c. TN :
Tampak Nyata
Penilaian aspek pengetahuan
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 PENILAIAN
KETERAMPILAN (KI-4)
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penialain Keterampilan Gerak
|
Jumlah Skor
|
Nilai
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Prosedural Gerakan
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Posisi awal
|
Gerakan
|
Akhir
Gerakan
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Demikian sekelumit bagaiamana penilaian dalam proses belajar mengajar, apapun caranya, metodenya terpulang kepada guru sebagai penilai untuk menetukan pilihan model, cara penilaian untuk mengukur keberhasilan siswa .
semangat...
semangat...
0 Comments
isi disini