-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

PERBANDINGAN penilaian dalam Mata Pelajaran PJOK dalam KTSP dan K13


 
 Penilaian adalah hal mutlak dilakukan oleh seorang guru, dalam rangka mendapatkan informasi hasil belajar siswa. Walaupun dalam dunia pendidikan berganti kurikulum atau revisi kurikulum,  model penilaian jg berubah tapi yang pasti tujuan penilaian tetap sama.


Berikut ini disajikan beberapa model penilaian dari versi KTSP dan Kurikulum 13(K13).mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) 

1.             Teknik dan Bentuk Penilaian
a.             Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar menendang, menahan/mengontrol bola dan menggiring bolasepak, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

·               Contoh penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola (Penilaian keterampilan kecabangan)

No
Nama Siswa
Menendang
Menahan
Menggiring
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.




















2.




















3.




















4.




















5.




















dsb





















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12





                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran tembok) selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 30 kali
…… > 25 kali
100%
Sangat Baik
25 – 29 kali
20 – 24 kali
90%
Baik
20 – 24 kali
15 – 19 kali
80%
Cukup
15 – 19 kali
10 – 14 kali
70%
Kurang
……. <  15 kali
……. <  10 kali
60%
Kurang Sekali

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 18 rintangan
…… > 15 rintangan
100%
Sangat Baik
15 – 17 rintangan
12 – 14 rintangan
90%
Baik
12 – 14 rintangan
9 – 11 rintangan
80%
Cukup
8 – 11 rintangan
6 –  8 rintangan
70%
Kurang
……. <  8 rintangan
……. <  6 rintangan
60%
Kurang Sekali
b.            Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















dst






















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18



                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan sepakbola  dengan metode resiprokal :
No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















4.


















5.


















dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20




                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal

    


        Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan macam-macam teknik gerak tipu permainan sepakbola!
2.
Sebutkan macam-macam teknik menyundul bola permainan sepakbola!
3.
Jelaskan cara menendang dan mengontrol bola berpasangan permainan sepakbola!
4.
Jelaskan cara melakukan menendang, mengontrol dan menggiring bola berpasangan!
5.
Jelaskan cara bermain sepakbola!



2.             Rekapitulasi Penilaian

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







NIlai Rata-rata







                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                  = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                               = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                            = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                          = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara              = Kurang dari 60%
Demikian penilaian dalam  mata pelajaran PJOK SMA. di Kurikulum KTSP, yang menyajikan kompleksitas penilaian yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar.
Bagaimana lagi penilaian dalam kurikulum K13. Yang diperbarui untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar.
Berikut ini contoh penilaian yang di terapkan:

1.aspek Sikap Prilaku

Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.    Disiplin
Hadir tepat waktu



Mengikuti seluruh proses pembelajaran



Selesai tepat waktu



2.    Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan



Mau memberi umpan ketika bermain



Mau menjadi penjaga bola



3.    Tanggung jawab
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan



Tidak mencari cari kesalahan teman



Mengerjakan tugas yang diterima




Keterangan:
a.    BT    : Belum Tampak
b.    MT   : Mulai Tampak
c.     TN    : Tampak Nyata


Penilaian aspek pengetahuan
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Level Pengetahuan
Jumlah Butir
No Soal
Pen-skoran
1.
Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
a.     Menyebut jenis-jenis teknik dasar yang dapat divariasikan dan dikombinasikan
C-1
1
1
Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
b.     Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar
C-3
1
2
Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c.     Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan bola besar (contoh; sepakbola)
C-3
1
2
Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap
2.
…………………….
…………………….
……………..
……..
……..
…………………….

3 PENILAIAN KETERAMPILAN (KI-4)
Penialain Keterampilan Gerak
Jumlah Skor
Nilai
Prosedural Gerakan
Posisi awal
Gerakan
Akhir Gerakan






                 Demikian sekelumit bagaiamana penilaian dalam proses belajar mengajar, apapun caranya, metodenya terpulang kepada guru sebagai penilai untuk menetukan pilihan model, cara penilaian untuk mengukur keberhasilan siswa .


semangat...                                                                              








Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter