6 Cara Asyik Belajar Sejarah

Belajar sejar di kalangan para siswa biasanya dianggap sebagai pelajaran yang membosankan, padahal belajar sejarah penting bagi kita sebagai cerminan untuk menjalani masa depan, orang yang selalu mengulang kesalahan yang sama adalah orany yang tidak pernah belajar dari masa lalunya.

Salah satu penyebab pelajaran sejarah dianggap sebagai pelajaran membosankan karena kurang tepatnya metode yanh digunakan dalam belajar, terutama metode menghafal angka tahun atau peristiwa. Padahal untuk belajar sejarah ada banyak cara yang lebih menyenagkan.

Berikut ini diantaranya beberapa metode belajar sejarah yang lebih menyenagkan dan pastinya tidak membosankan.

1. Coslay atau reenaichment
Sesekali buatlah drama di depan kelas unuk mereka ulang satu babak sejarah, ini akan membantu merasa terhubung dengan peristiwa masa lampau.

2. Buat permainan detektif
Beberapa orang merasa konyol mengenakan kostum atau bermain peran,  tapi tidak ada seorang pun yang tidak tertarik dengan misteri. Untuk mempelajari metode ini, kita bisa mengunjungi situs HSI Online.

3. Pergi ke luar
Kunjungan ke museum bisa dibuat menyenangkan jika menyiapkan rencana acara yang baik, bukan hanya mendengarkan ocehan pemandu.

4. Gunakan media visual
Menonton dokumenter hingga film yang dibuat berdasarkan peristiwa sejarah. Ada banyak tayangan TV yang menayangkan film-film dokumenter seperti Belajar Dari Yang Lalu, Melawan Lupa, Singkap, dan Bab Yang Hilang.

5. Berita terkini
Memperlakukan peristiwa sejarah seakan-akan peristiwa itu terjadi saat ini dan mengaitkannya dengan fakta-fakta hari ini.

6. Bermain board games
Atau gunakan aplikasi-aplikasi Smartphone.

Comments

POPULER

Pengikut

Media Partner


Pengunjung