-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

PENCAK SILAT DARI MASA KEMASA (BAG.1)


             

     Hakekat Pencak Silat

Pencak Silat adalah seni bela diri asli Indonesia, yang telah berumur berabab-abad. Pencak Silat diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pada zaman dahulu kala ketika manusia hidup dari berburu, mereka hidup secara berkelompok dan saling bermusuhan. Untuk menpertahankan hidupnya, mereka belajar menbela diri dengan cara menirukan gerakan-gerakan binatang buruan mereka dalam membela diri. Dengan perkembangan peradaban, seni bela diri juga ikut berkembang kearah lebih sempurna dan dinamakan pencak atau silat.

pencak silat SMAN.6 Barru
pencak silat Sman.6 Barru

Di masa lalu tidak semua daerah di Indonesia menggunakan istilah pencak silat. Di beberapa di Jawa lazim digunakan nama pencak. Adapun di Sumatera dan daerah lainnya dinamakan silat. Kata”pencak” dapat diartikan khusus, begitu pula dengan kata”silat”. “pencak” artinya gerak dasar bela diri yang terikat pada peraturan dan digunakan dalam belajar, latihan, dan pertunjukan. Adapun”silat”. Diartikan sebagai gerak bela diri yang sempurna, yang bersumber pada kerohaniaan yang suci murni, guna keselamatan diri dan kesejaheteraan bersama, menghindarkan diri/manusia dari bala/bencana(perampok, penyakit, dan segala sesuatu yang jahat atau merugikan masyarakat).

Dewasa ini istilah atau nama pencak silat mengandung unsur-unsur pengertian seperti: (1). Unsur olahraga (2). Unsur kesenian (3).Unsur bela diri (4). Unsur kerohaniaan. Pencak silat adalah hasil daya masyarakat indonesia untuk membela dan mempertahankan eksistensi (kemandirian) dan integritasnya (manunggalnya) terhadap lingkungan hidup dan alam sekitarnya untuk mencapai keselarasan hidup guna meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Peranan pencak silat adalah  sebagai prasarana dan sarana untuk menbentuk manusia seutuhnya yang pancasilais, sehat, kuat, terampil, tangkas, tenang, sabar, ksatria, dan percaya diri.

 

Sejarah Pencak Silat

Pencak Silat adalah olahraga bela diri tradisional Indonesia yang berakar dari budaya Melayu dan bisa ditemukan hampir di seluruh Indonesia. Setiap daerah memiliki kekhasan ciri geraknya tersendiri.

Kapan Pencak Silat diciptakan, siapa yang temukan, belum dketahui pasti. Namun,  jika melihat kita melihat salah satu relief di Candi Borobudur, kita bisa menduga bahwa seni bela diri  ini mungkin sudah ada pada masa kerajaan-kerajaan di Indonesia. Relief itu menggambarkan pertarungan bersenjata. Sangat mungkin seni bela diri sudah mulai dikenal pada saat itu.  Sebagian ahli berpendapat bahwa akar Pencak Silat berasal dari bangsa Melayu, kemudian menyebar ke pulau Jawa dan wilayah lain di Indonesia. Namun ada yang berpendapat bahwa di Jawa, Jawa Barat khususnya, telah muncul seni silat sebelum pengaruh Melayu datang. Penyebaran Pencak Silat  Melayu tersebut diperkirakan terjadi zaman Kerajaan Sriwijaya, kerajaan nasional pertama di Indonesia.




BERSAMBUNG...

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter