
A.
LATAR BELAKANG
LATAR BELAKANG
Permainan terompah panjang sejak dulu sudah ada di daerah
sepanjang perairan sungai rokan, baik rokan kiri maupun rokan kanan, kabupaten
kampar, maupun di rokan bagian hilir, seperti di bagan siapi-api, bengkalis,
riau. Kini, terompah panjang sudah merakyat.
TUJUAN
Berolahraga, mengisi waktu luang dan memupuk sikap kerja sama
(kekompakan tim)
MANFAAT
Kebugaran meningkat, ketegangan menurun, dan kemampuan kerja
sama meningkat.
SASARAN
Anak-anak, remaja, dewasa, putra dan putri.
PERATURAN PERMAINAN
1.
Lapangan dan peralatan
a.
Lapangan
Permainan terompah panjang diadakan dilapangan terbuka, rata
seperti stadion, lapangan umum, jalan raya (bila memungkinkan). Lapangan dibuat
sedemikian rupa agar dalam pelaksanaannya tidak menghadap matahari.



Terompah dibuat dari bahan :
Balok/papan
yang tebal, karet/ban dan paku.
Jenis terompah :
a)
Terompah untuk 3 orang.
b)
Terompah untuk 5 orang.
(sepasang) terompah 5 orang 8 kg (
sepasang ).
2.
Pemain
- Jenis kelamin : laki-laki dan perempuan yang tergabung dalam regu putra dan regu putri.
- Kelompok umur
1)
Anak-anak: 9 – 12 thn
2)
Teuna/remaja: 13- 16 thn
3)
Dewasa: 17 thn keatas
3.
Jenis perlombaan
a.
Beregu 3 orang
b.
Beregu 5 orang
Ukuran terompah :
a)
Panjang terompah untuk 3 orang 141
cm.
b)
Panjang terompah untuk 5 orang 235
cm.
c)
Lebar trompah 10 cm.
d)
Tebal terompah 2,5 cm.
e)
Berat terompah seluruhnya untuk
terompah 3 orang 4 kg
4.
Jalannya permainan
a.
Sebelum perlombaan dimulai, usia
para peserta diteliti untuk menentukan kelompok usia. Regu yang sudah diteliti
kelompok usianya, kemudian diberi nomor (dua) untuk dipasang di dada bagi
peserta yang
Pemenang dalam permainan
tradisional terompah panjang ini juga ditentukan berdasarkan kecepatan waktu.
Waktu yang diambil adalah kaki terakhir melewati garis finish.
Persyaratan permainan olahraga
tradisional terompah panjang :
1. Satu
regu terdiri dari 5 orang pemain putra dan 2 cadangan;
2. Start
dibelakang garis dan peserta berada disamping terompah.
3. Berjalan
sesuai dengan lintasan masing- masing.
4. Jarak
tempuh yaitu 50 m PP, total 100 m.
5. Sebelum
berbalik arah, pemain dan terompah harus seluruhnya melewati garis. Adapun cara
berbalik yaitu pemain keluar dari terompah kemudian terompah dibalik dengan
cara diangkat. Tidak boleh hanya pemainnya saja yang berbalik arah tanpa
memutar terompah.
6. Setelah
berbalik urutan posisi pemain harus sama seperti sebelumnya.
7. Pada
saat mengangkat terompah untuk berbalik, tidak boleh mengganggu pemain lain.
8. Pada
saat finish, terompah bagian belakang harus melewati garis finish.
9. Dinyatakan
diskualifikasi jika:
-
terompah menyentuh garis lintasan.
-
jika kaki peserta menyentuh tanah
a. peserta
dibagi dalam regu yang terdiri dari 5 orang atau 3 orang sesuai dengan jenis
yang diperlombakan
b. seluruh
peserta dibagi dalam seri setiap seri maksimal 5 regu sesuai dengan jumlah
lintasan (disesuaikan dengan jumlah rgu peserta).
c. Selanjutnya
dilakukan undian untuk menentukan lintasan masing-masing regu, dan untuk
menentukan urutan pemberangkatan dalam perlombaan. Undian dapat dilaksanakan
paling lambat satu hari sebelum perlombaan dimulai
d. Sebelum
perlombaan dimulai peserta dari masing-masing regu berdiri dibelakang garis
strat disamping terompahnya
e.
Aba-aba dalam perlombaan diberikan oleh juri
pemberangkatan adalah bersedia, sipa, ya
(peluit dibunyikan atau bendra start dikibarkan) petugas lintasan berdiri dibelakang peserta
dan memperhatikan regu pada lintasan masing-masing dengan membawa bendera biru
merah
f.
Pada aba-aba bersedia peserta berdiri diatas terompah
dengan jari-jari kaki masuk kedalam setengah lingkaran karet dan berpegangan
satu sama lain. Sebainya para peserta memakai sepatu olahraga agar kaki tidak
lecet. Peserta regu berpegangan satu sama lain boleh pada bahu atau pinggang
g.
Aba-aba siap peserta siap untuk melakukan jalan
h.
Aba-aba ya (bunyi peluit atau kibaran bendera start)
peserta berjalan secepat-cepatnya menempuh jarak 50meter. Bila memungkinkaan
adanya stopwatch, maka padda aba-aba ya stopwatch dihidupkan dan pada saat
peserta dan ujung terompah paling belakang melewati garis finish stopwatch
dimatikan
i.
Regu dianggap
j.
Peserta atau regu dianggap gugur apabila
1) Tidak
berhasil mencapai garis finish
2) Menginjak
lintasan pesera lainnya
3) Dengan
sengaja menggangu peserta lainnya
4) Salah satu
kaki atau kedua kaki menginjak tanah artinya salah satu kaki atau kedua kaki tidak
ada kontak dengan terompah
5) Terompah
rusak ditengah jalan
Regu
yang gagal tidak perlu melanjutak ke garis finish
5. pemenang
Regu dinyatakan sebagai pemenang apabila regu tersebut paling
cepat memasuki garis finish. Regu yang gugur dalam babak final, tidak mendapt
juara.
6. petugas
Petugas
terdiri dari:
a. Juri
pemberangkatan : 1 orang
b. Pengawas
Lintasan : 5 orang (disesuaikan
jumlah lintasan)
c. Juri
kedatangan : 5 orang
d. Pengambil
waktu (bila ada stop watch).
e. Pencatat
waktu (bila ada stopwatch).
Petunjuk
perwasitan
Untuk
melancarkan jalannya permainan terompah panjang, diperlukan petugas sebagai
juri/wasit yang terdiri dari
1. Juri
pemberangkatan (starter)
2. Pengawas
lintasan
3. Juri
kedatangan
4. Pengambil
waktu (timers)
5. Pencatat
waktu
Perincian
tugas dari masing-masing juri/wasit :
1. Juri
pemberangkatan bertugas untuk :
a. Memberi
aba-aba pada pemberangkatan peserta/regu dengan mempergunakan bendera start
atau peluit
b. Sebelum
start dimulai, juri pemberangkatan memanggil peserta untuk berdiri dibelakang
garis start dalam lintasan masing-masing.
c. Kemudian
juri pemberangkatan mengingatkan agar peserta tidak menginjak atau melewati
garis start
d. Dalam
memberikan aba-aba juri pemberangkatan mengambil tempat dibelakang peserta dan tangan
yang memegang dibelakang direntakkan kesamping
e. Aba-aba
yang diberikan adalah: bersedia,siap, ya atau peluit dibunyikan. apabila
mempergunakan bendera pada aba-aba ya bendera dinaikkan atau digerakkan keatas
f.
Juri pemberangkatan dapat menentukan sah atau tidak
sah start yang dilakukan oleh setiap peserta
2. Pengawas
lintasan bertugas untuk :
a. Mengawasi
lintasan selama permainan berlangssung
b. Sebelum
start dimulai, pengawas lintasan berdiri dibelakang peserta yang akan diawasi
sambil membawa bendera biru ditangan kanan dan bendera merah ditangan kiri
c. Pada saat
peerta mulai berjalan, pengawas lintasan mengancungkan bendera ke atas an
berjalan dibelakang mengikuti peserta sampai ke garis finish. Apabila pengawas
mngancungkan bendera biru, maka permainan peserta tersebut sah. Tetapi apabila
ditengah jalan peserta melaakukan kesalahan maka bendera biru diturunkan dan
bendera merah dinaikkan/ diacungkan dan regu peserta tersebut gugur.
3. Juri
kedatangan bertugas untuk :
a. Menentukan
dan mencatat urutan kedatangan peserta/regu
b. Juri kedatangan
berada dibelakang garis finish.
4. Pengambil
waktu(timers) bertugas untuk :
a. Menghitung
waktu mulai dari aba-aba ya atau peluit dibunyikan samapai peserta menginjak
atau melewati garis finish.
b. Pengambil
waktu berada atau bertempat dibelakang gris finish
c. Pada saat
starter memberi aba-aba ya atau dibunyikan, pengambil waktu menghidupkan
stopwatch, dan pada saat peserta paling belakang dan ujung terompah paling
belakang tepat berada digaris finish atau melewati garis, stopwatch dimatikan
5. Pencatat
waktu bertugas untuk :
a. Mencatat
waktu yang ditempuh stiap peseta atau regu pada formulir yang sudah disiapkan
b. Pencatat
waktu berada atau bertempat dibelakang garis finish disamping pengambil waktu.
c. Waktu
dicatat sampai dengan persepuluh detik, misalnya 10.2 detik, dan seterusnya.
FORMULIR
TEROMPAH PANJANG
1.
Jenis Terompah :
2.
Jenis Kelamin :
3.
Babak :
NO.
|
Nama
Regu
|
Nama
Anggota Regu
|
Waktuh
Tempuh
|
Hasil/Urutan
Kedatangan
|
||
1
|
1
|
|||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
2
|
1
|
|||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
3
|
1
|
|||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
4
|
1
|
|||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
0 Comments
isi disini