-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

OUTDOOR DAN FUN GAMES ACTIVITIES BAG: 2

OUT DOOR DAN FUN GAMES
ACTIVITIES

BAG: 2
 
Seperti dalam tulisan bagian pertama salah satu cara untuk efisien dan efektif melatih SDM adalah Outdoor&fun games activities, dengan berlatar belakang perbedaan individu, melatih kerjasama dalam tim maka konsep dalam pembelajaran ini pembelajaran orang dewasa/andragog(adult learning), khususnya bagi berkecimpung di dunia kerja, dengan ciri-ciri sebagai berikut (Robert Pikes, creatif Training Technique, 1992):
1. Orang dewasa itu seperti”bayi” hanya badannya saja yang besar.
2. Umumnya orang dewasa “tidak akan menbantah” suatu pendapat asal selaras dengan pemahaman dan pengalamannya sendiri.
3. Dalam hal belajar, orang dewasa cenderung ingin cepat, mudah, dan praktis karena pada umumnya mereka sibuk dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya sehingga hampir selalu merasa kekurangan waktu.
4. Keberhasilan proses pembelajaran orang dewasa umumnya harus selaras dengan faktor fun and enjoyment yang mereka peroleh dalam pelaksanaan pelatihan dan pengembangannya.
5. Di sisi lain, sebenarnya orang dewasa adalah mahluk yang cerdas dan cepat belajar asal kebutuhan itu datang dan tumbuh dari dorongan kebutuhannya sendiri.
6. Secara umum, ditunjang oleh pengalaman dan tingkat kedewasaan pribadinya, orang dewasa bisa belajar dalam suasana formal dan informal.
7. Karena tingkat pengetahuan dan pengalamannya, umumnya orang dewasa bisa belajar juga mampu belajar melalui proses analog.
Dalam proses pembelajaran ini melalui empat tahapan dengan prinsip learning by doing/learning by eksperiencing. Tahapannya adalah:
1. Adanya suatu aktitas
2. Adanya proses diskusi
3. Adanya proses perenungan
4. Adanya proses rancangan tindak lanjut

Dalam aspek inilah sesungguhnya pendekatan pelatihan dan pengembangan SDM melalui program outdoor dan fun games activities memiliki landasan persamaan

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter