-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

Universitas terbaik yang ada di Indonesia di tahun 2017 menurut UniRank

Universitas terbaik yang ada di Indonesia di tahun 2017 menurut UniRank

1. Universitas Indonesia

Di Indonesia, posisi pertama masih diduduki oleh Universitas Indonesia. Universitas ini didirikan pada tahun 1849 dan berhasil menduduki peringkat 534 universitas terbaik di dunia. Lokasi pusatnya berada di Depok, Jawa Barat. Menurut Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Universitas Indonesia memiliki populasi mahasiswa yang sangat besar yaitu lebih dari 45,000 mahasiswa.

2. Universitas Gadjah Mada
Selanjutnya adalah Universitas Gadjah Mada. Universitas ini didirikan pada tahun 1949 dan berada pada peringkat 540 Universitas terbaik di dunia. Berlokasi di daerah sub urban di Yogyakarta. Sama seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada juga memiliki jumlah mahasiswa lebih dari 45,000 mahasiswa. Program pendidikan yang ditawarkan mulai dari Sarjana hingga gelar Master. Untuk masuk di Universitas ini, calon mahasiswa diharuskan mengikuti seleksi ujian.

3. Institut Teknologi Bandung

Berbeda dengan dua nama di atas, institut yang sering disingkat sebagai ITB didirikan pada tahun 1959, dan berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Menurut Kemenristek Dikti, ITB memiliki jumlah mahasiswa antara 10,000 hingga 15,000 mahasiswa. Mahasiswa asing diperkenankan untuk mengikuti program studi di Institut Teknologi Bandung. Saat ini, Institut Teknologi Bandung berhasil menempati peringkat 862 Universitas terbaik di dunia.

4. Universitas Diponegoro

Didirikan pada tahun 1957, Universitas Diponegoro telah berhasil mendirikan pusat pendidikan terbaik dengan jumlah 45,000 mahasiswa. Universitas ini berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Namun, telah memiliki cabang di Jepara. Peringkat dunia yaitu 1270.

5. Institut Pertanian Bogor

Dari namanya saja, kita sudah tahu di mana lokasi Institut ini berada. Ya, Institut ini berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Jumlah mahasiswa yang terdaftar di Institut Pertanian Bogor tidak sebanyak Universitas lainnya, yaitu 10,000 – 15,000 mahasiswa. IPB berhasil menempati peringkat 1297 dunia.

6. Universitas Sebelas Maret

Didirikan pada tahun 1976, dan berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah. Universitas ini menawarkan pendidikan untuk gelar Sarjana, Master, maupun Doktor. Fakta menariknya, universitas ini juga membuka pendaftaran bagi mahasiswa asing. Saat ini, Universitas Sebelas Maret berhasil menduduki peringkat 1326 dunia.

7. Universitas Brawijaya

Selanjutnya pindah ke Timur. Belakangan ini, nama Universitas Brawijaya sangat populer di kalangan pelajar tamatan SMA. Universitas ini juga tak kalah baiknya dengan enam universitas di atas. Terbukti dengan berhasilnya universitas ini menduduki peringkat 1354 dunia. Didikan pada tahun 1963 dan berlokasi di Malang, Jawa Timur.

8. Universitas Negeri Yogyakarta


Yogyakarta memang layak dijadikan sebagai kota Pelajar. Banyak universitas terbaik yang ada di Yogyakarta, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta atau sering disingkat UNY. Didirikan pada tahun 1964. Saat ini berhasil menempati peringkat 1416 dunia.

9. Universitas Padjadjaran

Pindah lagi ke Barat, ada Universitas Padjadjaran (UNPAD). Berhasil didirikan pada tahun 1957. Berlokasi di Bandung, Jawa Barat. UNPAD juga menawarkan pendidikan untuk gelar Diploma, Sarjana, Master, dan Doktor pada beberapa area pendidikan. Saat ini, UNPAD telah berhasil menempati peringkat 1570 dunia.

10. Universitas Airlangga

Universitas terakhir adalah Universitas Airlangga atau UNAIR. Universitas ini berhasil didirikan pada tahun 1954 dan berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini menawarkan jenjang pendidikan mulai dari gelar Sarjana, Master, dan Doktor. Berhasil berada di peringkat 1578 dunia.

Yang Terbaik dan Sesuai dengan Keinginan

Universitas maupun Institut adalah tempat untuk belajar mengembangkan kemampuanmu. Jadi dimanapun nanti kamu menuntut ilmu, pastikan apa yang kamu pilih memang sudah sesuai dengan keinginan, jangan jalani secara terpaksa dan akhirnya menjadi beban. Berhasil atau tidaknya kamu, semuanya tergantung pada dirimu sendiri.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter