-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

MAKANAN UNTUK PERTUMBUHAN KECERDASAN BALITA

MAKANAN UNTUK PERTUMBUHAN KECERDASAN BALITA

Oleh: Purwati,S.Pd.,M.M.

Makanan-makanan yang mampu merangsang pertumbuhan sel, memperbaiki fungsi, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak disebut "Brain Food" . Jika kita ingin anak kita cerdas, maka perhatikan gizi mereka setiap hari. Ajarkan juga kepada anak-anak kita untuk makan makanan bergizi setiap hari, agar tumbuh kembangnya optimal dan tidak mudah sakit. Ibu-ibu, makanan-makanan di bawah ini dipercaya dapat memenuhi nutrisi otak anak-anak kita.
Ikan dan Kerang
Ikan dan kerang merupakan sumber terbaik asam omega-3 (DHA dan EPA) yang penting bagi tumbuh kembang fungsi otak. DHA dan EPA banyak terkandung dalam ikan yang hidup di laut dalam seperti Salmon, Tuna, Sardine, Makarel, Tengiri, dan Kembung, sedangkan Tawes adalah satu contoh ikan air tawar yang kaya DHA dan EPA.
Kerang juga kaya akan protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan, kalsium yang dibutuhkan tulang, serta zinc yang manfaatnya terkait dengan kesehatan prostat, serta zat besi untuk memproduksi sel darah merah, dan vitamin B yang baik bagi otak. Kerang juga relatif rendah sodium dan kalori, sehingga tidak meningkatkan tekanan darah dan berat badan.

Telur
Telur dikenal sebagai sumber protein dengan harga terjangkau, bagian kuning telur yang kaya kandungan lecithin dianggap penting sebagai makanan otak untuk membantu perkembangan memori dan daya ingat. Sebagai bahan makanan telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap. Ada karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino yang berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

Daging Sapi
Daging sapi kaya akan zat besi yang penting untuk membuat anak tetap berenergi dan berkonsentrasi. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang memelihara daya ingat. Daging sapi yang sudah ditrimming atau dihilangkan lemaknya mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan merupakan sumber protein yang sangat baik (mempunyai nilai biologis tinggi, high digestible 94%), sumber omega-3 rantai panjang (DHA, EPA and DPA), lemak tak jenuh,vitamin B12, B6,B5,D, niasin, riboflavin, zat besi, seng, fosforus, selenium, dan mengandung kadar lemak yang relatif rendah, serta kadar komposisi kolesterol yang sesuai untuk tubuh.

Daging Ayam
Daging ayam dipercaya dan dapat diandalkan sebagai sumber asam amino yang dibutuhkan tubuh. Manfaat makan daging ayam bagi kesehatan jelas sangat tinggi, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Makan daging ayam juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah serta mengurangi risiko kanker.
Gandum Murni
Gandum kaya akan berbagai zat gizi dan memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti serat pangan, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, magnesium, tembaga, fosfor, seng, mangan dan selenium. Selain itu, gandum juga merupakan sumber yang baik bagi vitamin E, zat besi dan asam lemak essensial.
Gandum murni mampu mensuplai kebutuhan glukosa yang dibutuhkan tubuh secara konstan. Vitamin B yang terkandung didalamnya penting untuk memelihara kesehatan sistem saraf.
Oatmeal
Oatmeal mengandung vitamin B dan E yang tinggi yang dapat memberi cadangan energi pada otak bayi dan menjaganya dari berbagai macam serangan virus atau bakteri. Ini juga termasuk makanan sehat awal kehamilan agar janin kuat. Sereal merupakan sumber vitamin E, B, potasium dan seng yang membuat tubuh dan otak berfungsi pada kapasitas penuh.

Beras merah
Beras merah berfungsi meningkatkan jumlah serotonin, senyawa utnuk memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak.

Berry
Apapun jenisnya, berry mengandung vitamin C dan antioksidan kadar tinggi untuk melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kacang-kacangan
Makanan spesial ini kaya akan serat, vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium yang penting untuk tingkatkan daya ingat dan kesehatan sistem saraf anak.

Buah dan sayuran berwarna
Buah dan sayuran berwarna terbukti kaya vitamin dan mineral yang menjadikan otak tetap bertenaga dan antioksidan yang tangguh untuk memperbaiki sel otak.

Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu jelas penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Kandungan vitamin D didalamnya penting untuk membangun sistem saraf otot dan regenerasi sel manusia secara keseluruhan.
Keju
Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Kandungan gizi yang ada pada keju bisa mendongkrak nilai gizi bahan pangan lainnya.

Sumber bacaan
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Daging_sapi diunduh tanggal 8 Agustus 2017, pukul 21:42
2. https://id.search.yahoo.com/yhs/search?hspart=elm&hsimp=yhs-001&type=hdr_s_16_03_wncy_gmmedply_15_53&param1=1&param2=f%3D4%26b%3Dchmm%26cc%3Did%26pa%3DHodor%26cd%3D2XzuyEtN2Y1L1QzuyCzz0FyBtBzz0BtDtDyC0CyB0B0A0BzztN0D0Tzu0StCyEyBzytN1L2XzutAtFtCyBtFyEtFtCtN1L1Czu1M1Q1CtBtCtFtCtFtCtN1L1G1B1V1N2Y1L1Qzu2StAtAtByE0EtC0C0CtGyBtByBtCtG0CtAyD0EtGtA0C0C0AtGyB0AtCzztB0F0BtCyEyCyB0D2QtN1M1F1B2Z1V1N2Y1L1Qzu2SzzyE0FtAzy0AtBzytGtDzztAyCtGyEtDzzyBtGzytCtDyCtGyC0B0FtC0EtAtB0BzztAtD0B2QtN0A0LzuyEtN1B2Z1V1T1S1NzutCyEtBtC%26cr%3D947603070%26a%3Dhdr_s_16_03_wncy_gmmedply_15_53%26os_ver%3D6.1%26os%3DWindows%2B7%2BProfessional&uref=chmm&p=gambar+daging+sapi diunduh hari Rabu, 08 Agustus 2017
3. http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/nutrisi-resiko-dan-manfaat-kerang.html diunduh tanggal 8 Agustus 2017
4. http://www.tipscaramanfaat.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-daging-ayam-bagi-kesehatan-1174.html diunduh tanggal 8 Agustus 2017
5. https://www.google.co.id/search?tbm=isch&q=gandum diunduh tanggal 8 Agustus 2017
6. http://hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/minuman-sehat/makanan-yang-baik-untuk-otak-janin-dalam-kandungan diunduh tanggal 8 Agustus 2017

7. https://www.google.co.id/search?tbm=isch&q=outmeal diunduh tanggal 8 Agustus 2017

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter