MENJARING PENGURUS OSIS MELALUI LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN


Latihan Dasar Kepemimpinan di SMA NEGERI 2 UNGGULAN KAB. BARRU , Barru.(foto : instagram.osissmadabarru) 

SMA NEGERI 2 UNGGULAN KAB.BARRU – LDK atau latihan dasar kepemimpinan merupakan salah satu cara menjaring bakat dan minat pengurus OSIS disebuah sekolah. Tujuan latihan dasar kepemimpinan ini adalah membangun kepemimpinan dan organisasi yang efektif, efisien yang membawa perubahan positif dilingkungan intra sekolah.
 Untuk membentuk kepengurusan OSIS tahun ajaran 2017/2018  SMADABarru mempersiapkan kelas X untuk ikut serta dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan ini. OSIS SMADABarru dibantu beberapa guru melakukan pengamatan terhadap siswa yang memiliki potensi dibidang kepengurusan OSIS dengan membawakan beberapa materi mengenai kepemimpinan. Selanjutnya siswa pilihan yang menandatangani surat persetujuan kegiatan LDK dididik disuatu tempat selama 3-4 hari dan diberi bekal secara khusus mengenai kepemimpinan dasar. Pelatihan dasar kepemimpinan ini dilaksanakan di AULA SMADABarru,  dan diikuti oleh 71 peserta. Salah satu peserta LDK dari kelas X mengatakan bahwa latihan dasar kepemimpinan ini memberikan dampak positif kepada calon-calon pengurus OSIS. Dia juga menyampaikan bahwa pada latihan dasar kepemimpinan ini peserta diajarkan kekompakan pada sebuah team, kedisiplinan, kepercayaan, kemandirian, sikap pantang menyerah dan keberanian menghadapi situasi apapun. Menurut  A.N Azhar selaku Master Of Training LKD manfaat dari Latihan dasar kepemimpinan ini adalah :
  1. Membekali pelajar untuk beraktivitas nyata di organisasi sekolah dengan pengetahuan serta skill kepemimpinan dan keorganisasian.
  2. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan sehingga mampu mengatur diri dan lingkungannya.
3. Meningkatkan mental dan kepribadian siswa
4. Menumbuhkan semangat belajar siswa baik di dalam maupun di luar sekolah
5. Membangun generasi muda yang taat serta berguna bagi agama, nusa dan bangsa
6. Membentuk pemimpin yang kreatif, inovatif dan berakhlak mulia.
  1. Menanamkan dasar-dasar ilmu manajemen organisasi sehingga remaja me-miliki pengetahuan, kemampuan, dan keahlian untuk berperan aktif di organisasi sekolah
Ketua OSIS SMADABarru, Muhammad Al Kautsar Hasril, juga berpesan bahwa kegiatan ini harus menghasilkan talenta-talenta berbakat dalam bidang tertentu pada satu wadah OSIS, dan semoga OSIS periode 2017/2018 akan membawa SMADABarru menjadi lebih baik. Tuturnya.
 Barru.SMA Negeri 2 Kab.Barru