-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

kuliner khas yang wajib dicicipi saat ke Barru


Empat kuliner khas yang wajib dicicipi saat ke Barru


Tiram bakar, salah satu kuliner khas Kabupaten Barru


BARRU - Setiap daerah atau tempat pasti memiliki ciri khas sendiri,baik itu wisata, maupun kulinernya. Seperti di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Bagi yang ingin berwisata ke kabupaten yang juga dikenal dengan nama Bumi Colliq Pujie, tidak lengkap rasanya perjalanan Anda jika belum mencicipi empat kuliner khas Barru.
Tidak sulit untuk menemukan aneka kuliner ini. Selain mudah dijumpai, harganyapun cukup bersahabat. Penasaran dengan kuliner yang dimaksud? Berikut keempat kuliner khas Barru yang wajib dicicipi.

1. Gogos bakar

Gogos. Makanan yang satu ini tentunya tidak asing lagi telinga kita, karena bisa dipastikan gogos ini sangat mudah ditemukan kala musim lebaran. Namun di Barru, gogos dijajakan di pinggir jalan, dan disajikan sebagai makanan pendamping mie rebus dilengkapi telur asin. Wah sangat yummy.
Gogos bakar ini dijajakan setiap hari disepanjang jalan kampung Jalange, Desa Mallawa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, dan berada di dua sisi jalan yang ada di lokasi tersebut.

2. Jagung

Jagung bukanlah makanan yang sulit untuk ditemukan, bahkan bisa ditemukan dimana-mana, tapi tetap ada musimnya. Namun tidak bagi penjual jagung di kampung Laju, Kelurahan Lawallu, Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Di sini, tidak mengenal kapan musim jagung tiba, bisa dikatakan tiap hari musim jagung.
Selain itu, penjual jagung di kampung laju menawarkan dua jenis masakan jagung, yakni jagung dengan jenis masak dan juga jagung dengan jenis bakar. Untuk jagung rebusnya sangat nikmat disantap bersama sambal racikan yang sederhana, tapi bikin lidah meleleh, yakni garam dihaluskan bersama sambel merah yang masih mentah.
3. Masakan Palekko

Palekko, kuliner khas Bugis berbahan dasar bebek dan juga ayam. Palekko ini sendiri bisa dimakan dengan nasi ketan atau sokko (dalam bahasa bugis). Bumbunya yang meresap hingga ke tulang dan rasa pedasnya yang pecah di mulut, sangat menggoda untuk mencicipi kuliner tersebut.
Jajanan palekko ini bisa Anda temukan di sepanjang Bottoe Kelurahan Tanete, KecamatanTanete Rilau,Barru.
4. Tiram Bakar

Di abad ke-19, tiram dikonsumsi secara luas oleh sebagian besar masyarakat kelas pekerja. Tiram biasanya disajikan dalam keadaan mentah, dikukus, dipanggang, atau digoreng.
Namun di Lajari, Kelurahan Coppo Kecamatan Barru, Kabupaten Barru,tiram disajikan dengan cara di bakar terlebih dahulu. Cara pengolahan makanan khas tiram bakar ini sendiri sudah lama dijajakan di Kabuaten Barru. Pada musim buah, tiram bakar lebih nikmat jika di santap bersama cecca pao (mangga parut) ditambah dengan cabe rawit. Segar dan nikmat pastinya.


Itulah keempat kuliner khas Barru, yang akan membuat lidah pembaca meleleh saat menikmatinya.
 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter