-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

SANDAL JEPIT


Alas kaki adalah alat untuk melindungi telapak kaki dari panas, duri, kotoran serta segala bahaya yang mengancam telapak kaki manusia . alas kaki yang paling popular dan paling sering dipakai adalah sandal jepit , bahkan alas kaki adalah yang termurah.
Dari segala kebutuhan manusia yang paling sering, sandal jepit termasuk di dalamnya. Dan alas kaki ini pula  yang sering di remehkan karena selalu menginjak kotoran.
Pernahkah kita renungkan arti dan makna kehidupan dari benda yang bernama SANDAL JEPIT??. Ternyata “sandal jepit, menyimpan penuh makna dan arti yang dalam kehidupan ummat manusia.
Sandal jepit menyimpan kandungan makna secara filosofi, seperti:
1.        Sandal jepit yang dipakai manusia, yang harganya murah meriah, tapi sangat berarti dalam pengertian hubungan hubungan dengan manusia dengan manusia. Meskipun murah harganya tapi sangat berarti  dan bermakna dari sebuah hubungan manusia. Boleh murah tapi sangat mahal nilai-nilai humanis dalam menjalingan hubungan sesamannya. Seperti  hubungan pernikahan, pertemanan, persaudaraan. Jadi nilai hubungan manusia tidak perlu mahal dalam menjaga  persaudaraan, pertemanan, persahabatan, dan seterusnya. Semurah apapun “sandal jepit”, itu tetap bermakna jika selalu bersama. Tiada arti sandal jepit jika salah satunya hilang, pemaknaanya  dalam menjalin hubungan selalu bersama tapi tidak pernah menghilang. Jika salah satunya hilang, maka arti arti, fungsinya tiada berarti. Karena kehadirannya yang diperlukan disini adalah bagaimana selalu berpasangan, untuk saling melengkapi tetapi tetap pada tempatnya. Pasangannya yang kiri walaupun sama sama alas kaki tidak akan pindah ke kanan, begitupun sebaliknya. Dia bekerja kesamaan fungsinya tetapi tidak pernah mengambil tugas dan fungsi pasangannya.
2.      Boleh jadi “sandal jepit” adalah perlengkapan manusia yang paling rendah dan kotor. Tetapi sesungguhnya mengandung nilai-nilai kemuliaan sebagai manusia ciptaan yang maha kuasa.
Sandal jepit memberikan pembelajaran yang berharga bahwa kita boleh maju kedepan tetapi hakekatnya kita hanya melengkapi, membantu pasangannya dengan saling silih berganti, tetapi tidak akan pernah mengambil tugas dan fungsi pasangannya atau tidak akanpernah khianat akan tugas dan fungsinya. Kecuali bagi manusia  yang tidak waras.
3.      Sandal jepit mengandung makna bahwa dalam penggunaannya kita harus hati-hati dan menjaganya karena dalam bergerak mesti kaki jari harus menjepitnya kuat-kuat, jangan sampai terlepas. Jika terlepas salah satunya, maka sesungguhnya nilai, tugas dan fungsinya tiada berarti bahkan di campakkan, di buang begitu saja. Apa arti sebuah sandal, sepatu, jika salah satunya tidak ada?????????????Semahal apapun harganya jika  sandal jepit itu, salah satunya hilang maka sesungguhnya dia kehilangan hakekat fungsi dan tujuannya.
4.     Sandal jepit boleh di kata alas sejuta manusia, yang gampang menghilang. Tetapi pada umumnya meskipun hilang hampir jarang hilang  satu pasangannya kalaupun (menghilang kedua duanya) karena mungkin ada yang butuh karena kepepet, atau motif lain.
Kecuali ada yang ingin berniat untuk menyusahkan si pemakainnya.
5.      Intinya adalah semurah apapun, sejelek apapun, dan semahal apapun tetap setia menpertahankan tugas dan fungsinya tanpa mengambil tugas dan fungsi pasangannya. Setidaknya kita belajar dari “Sandal jepit”. Untuk menpertahankan hubungan tidak perlu mahal, tetapi tetap setia pada pasangannya, dan saling menjaga dengan tidak akan mengambil hak pasangannya atau khianat. Sandal jepit itu tidak akan khianat, kalau bertugas kanan tetap kanan. Begitupu bertugas kiri dan tidak akan ke kanan.
Sekiranya dalam hidup ini mampu menjaga dan melaksanakan sesuai dengan kewajiban, fungsi dan tugasnya, mungkin ini hidup lebih mudah karena kita bekerja sesuai apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Dan hidup menjadi rumit jika kita selalu khianat akan peran masing-masing, selalu mengambil peran orang lain, selalu mengambil yang bukan haknya.
Setidaknya kita belajar dari keberadaan sandal jepit, yang nilainya di anggap remeh,rendah  tetapi memberikan harga yang bernilai tinggi untuk  manusia yang lebih mulia, di hadapan yang Maha Kuasa, sang pencipta Alam dan seisinya.

Selamat bagi yang memakai sandal jepit….!!!!!!





Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter