-->

Ads 720 x 90

Label

Search This Blog

Ngopi ! cuci tangan dulu !

Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

A.  Latar Belakang
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani,  olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis.  Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang.

B.  Tujuan
      Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2.      Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
3.      Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.     Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5.      Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6.      Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7.      Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan  Kesehatan untuk meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
  1. Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
  2. Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
  3. Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
  4. Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
  5. Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air,  dan renang serta aktivitas lainnya
  6. Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7.  Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur  waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan  P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
           


D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
1.2 Mempraktikkan keterampilan salah satu permainan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
1.4 Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga bela diri   serta nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri**)

2.  Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana  serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2 Mempraktikkan tes kebugaran jasmani  serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.
2.3  Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap segar  

3. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

3.1  Mempraktikkan rangkaian  senam lantai dengan menggunakan bantuan  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
3.2   Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerjasama dan tanggung jawab

4.   Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

4.1 Mempraktikkan keterampilan gerak dasar langkah dan lompat  pada aktivitas ritmik tanpa alat  serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang benar  serta nilai disiplin, toleransi dan estetika

5.   Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)


5.1 Mempraktikkan keterampilan dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
5.2 Mempraktikkan keterampilan teknik dasar loncat indah dari samping kolam dengan teknik  serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras

6.   Mempraktikkan perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)

6.1 Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah pantai  serta nilai tanggung jawab,  kerjasama, toleransi, tolong menolong,  melaksanakan keputusan kelompok
6.2 Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan kegiatan penjelajahan di pantai  serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, keputusan dalam kelompok
6.3 Mempraktikkan keterampilan memilih makanan dan minuman yang sehat

7.  Menerapkan budaya hidup sehat
7.1 Menganalisis bahaya penggunaan narkoba
7.2 Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba



Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
8.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
8.1  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
8.2  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)
8.3  Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
8.4  Mempraktikkan keterampilan olahraga bela diri  serta nilai kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)

9.   Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

9.1  Mempraktikkan berbagai bentuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan  serta nilai kejujuran, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
9.2  Mempraktikkan tes kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran  serta nilai kejujuran, semangat, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

10. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

10.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
10.2 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
11. Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

11.1  Mempraktikkan kombinasi keterampilan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas ritmik berirama tanpa alat  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
11.2  Mempraktikkan rangkaian senam irama tanpa alat dengan koordinasi gerak  serta nilai disiplin, toleransi, keluesan dan estetika

12.  Mempraktikkan keterampilan beberapa gaya renang dan pertolongan kecelakaan di air  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)


12.1  Mempraktikkan kombinasi teknik renang gaya dada, gaya bebas dan salah satu gaya lain  serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
12.2 Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)  serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab

13. Mempraktikkan perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)

13.1 Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah gunung  serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong-menolong, dan melaksanakan keputusan dalam kelompok
13.2  Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di pegunungan  serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, dan melaksanakan keputusan kelompok
13.3  Mempraktikkan keterampilan penjagaan lingkungan yang sehat  

14. Menerapkan budaya hidup sehat
14.1  Menganalisis dampak seks bebas
14.2  Memahami cara menghindari seks bebas






Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.  Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dengan teknik  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya.

1.1        Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola besar secara sederhana  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri **)
1.2  Mempraktikkan   keterampilan  teknik bermain salah satu permainan olahraga bola kecil secara sederhana  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, kerja keras dan percaya diri**)
1.3  Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **)
1.4  Mempraktikkan   keterampilan teknik penyerangan salah satu permainan olahraga bela diri  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri**)

2.   Mempraktikkan aktivitas pengembangan untuk meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya   dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
2.1  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani  serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2  Mempraktikkan tes untuk  kelincahan, power dan daya tahan dalam kebugaran jasmani  serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

3.   Mempraktikkan keterampilan senam  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

3.1  Mempraktikkan keterampilan rangkaian  senam ketangkasan dengan menggunakan alat  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
3.2  Mempraktikkan keterampilan rangkaian  senam ketangkasan tanpa menggunakan alat  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar


4.    Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

4.1  Mempraktikkan keterampilan  aktivitas ritmik tanpa alat  dengan koordinasi gerak lanjutan  serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan dan estetika

4.2  Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik menggunakan alat  serta nilai disiplin, toleransi,kerja sama, keluesan dan estetika

5.   Mempraktikkan salah satu gaya renang   dan loncat indah  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)


5.1  Mempraktikkan keterampilan salah satu gaya renang untuk pertolongan serta nilai disiplin, keberanian, kerja sama, dan kerja keras
5.2  Metakukan keterampilan loncat indah dari papan satu meter dengan teknik  serta nilai disiplin, keberanian dan kerja keras

6.  Menerapkan budaya hidup sehat
6.1  Memahami bahaya HIV/AIDS
6.2  Memahami cara penularan HIV/AIDS
6.3  Memahami cara menghindari penularan HIV/AIDS




Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
7.   Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik , dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

7.1  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar  serta nilai kerjasama, kejujuran,  kerja keras dan  percaya diri **)
7.2. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil  serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, toleransi dan percaya diri**)
7.3. Mempraktikkan teknik salah atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)
7.4. Mempraktikkan keterampilan  teknik salah satu permainan olahraga bela diri  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri.**)

8.   Meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya   dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

8.1  Mempraktikkan latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani  serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
8.2  Mempraktikkan peningkatan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan kebugaran jasmani  serta nilai  tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
8.3   Mempraktikkan tes  untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani  serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

9.   Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan alat  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
9.1  Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan menggunakan alat lanjutan  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
9.2  Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan tanpa menggunakan alat  lanjutan  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman





Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
10. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi yang baik  dan nilai yang terkandung di dalamnya

10.1 Mempraktikkan koombinasi gerak berirama menggunakan alat dengan koordinasi  serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
10.2 Merangkai aktivitas ritmik menggunakan alat  serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

11. Mempraktikkan dasar pertolongan kecelakaan di air  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

11.1  Mempraktikkan keterampilan  kombinasi gerakan renang serta nilai disiplin, kerja sama serta keberanian
11.2  Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)  serta nilai disiplin dan tanggungjawab

12. Mempraktikkan perencanaan dan keterampilan penjelajahan, dan penyelamatan di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
12.1  Mempraktikkan keterampilan merencanakan penjelajahan di perbukitan  
12.2  Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di perbukitan  serta nilai disiplin, tanggungjawab dan keselamatan

13. Menerapkan budaya hidup sehat
13.1  Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
13.2  Menerapkan pola hidup sehat










Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.   Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

1.1  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar lanjutan  dengan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)
1.2  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, toeleransi, kerja keras dan percaya diri**)
1.3  Mempraktikkan teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
1.4  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bela diri  secara berpasangan dengan peraturan yang sebenarnya  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai lawan, kerja keras, percaya diri dan menerima kekalahan**) 

2.   Mempraktikkan perancangan aktivitas pengembangan untuk peningkatan dan pemeliharaan kebugaran jasmani
2.1  Merancang program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani  serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2  Melaksanakan program latihan fisik sesuai dengan prinsip-prinsip latihan yang benar  serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

3.   Mempraktikkan  rangkaian gerak  senam ketangkasan dengan konsep yang benar dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

3.1  Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian  senam lantai  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan  menghargai teman
3.2. Mempraktikkan keterampilan gerakan  kombinasi rangkaian senam ketangkasan  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, dan  menghargai teman

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
4.   Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama berbentuk aktivitas aerobik secara beregu dengan diiringi musik  dan nilai nilai yang yerkandung di dalamnya

4.1.  Mempraktikkan keterampilan gerak berirama senam aerobik  serta nilai kerjasama, kedisiplinan, percaya diri, keluwesan, dan estetika
4.2  Mempraktikkan keterampilan menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan musik  serta nilai kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan, dan estetika

5.   Mempraktikkan berbagai gaya renang lanjutan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)

5.1  Mempraktikkan keterampilan  renang gaya dada lanjutan  serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian
5.2  Mempraktikkan keterampilan  renang gaya bebas lanjutan  serta nilai disiplin, kerja keras  dan  keberanian
5.3  Mempraktikkan keterampilan  renang gaya punggung lanjutan  serta nilai disiplin, kerja keras  dan keberanian
5.4  Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang lanjutan lainnya serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian


Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
6.   Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

6.1  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar dengan peraturan yang sebenarnya  serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri**)
6.2  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan sebenarya  serta nilai kerjasama, , kejujuran, menerima kekalahan  kerja keras dan percaya diri**)
6.3   Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya  serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan,kerja keras dan percaya diri**)
6.4  Mempraktikkan keterampilan bela diri secara berpasangan dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya  serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan kerja keras dan percaya diri**)

7.   Memelihara tingkat kebugaran jasmani yang telah dicapai  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

7.1  Mempraktikkan program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani  
7.2  Mempraktikkan membaca hasil tes bedasarkan tabel yang cocok
8.   Mengkombinasikan rangkaian gerakan senam lantai dan senam ketangkasan dengan alat   dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

8.1  Mempraktikkan rangkaian gerakan senam lantai  serta nilai percaya dirim, tanggung jawab, kerja sama, dan percaya kepada teman
8.2.  Mempraktikkan rangkaian gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat  serta nilai percaya diri,  tanggungjawab, kerja sama, dan percaya kepada teman

9.   Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama secara beregu  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
9.1   Mempraktikkan rangkaian gerak senam aerobik dengan iringan musik   serta nilai kerjasama, disiplin, keluwesan dan estetika
9.2  Mempraktikkan senam irama tradisional sesuai budaya daerah secara berkelompok  serta nilai kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan dan estetika

10. Mempraktikkan keterampilan penguasaan berbagai teknik gaya renang  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

10.1 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk kepentingan bermain di air dengan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian
10.2 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk estafet sesuai dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian
10.3 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk kepentingan pertolongan serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian

11.  Mengevaluasi kegiatan luar kelas/sekolah  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
11.1 Mengevaluasi kegiatan di sekitar sekolah  serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi
11.2 Mengevaluasi kegiatan di alam bebas  serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi
11.3 Mengevaluasi kegiatan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah  serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi
11.4 Mengevaluasi kegiatan karya wisata  serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi

12. Mempraktikkan budaya hidup sehat
12.1 Mempraktikkan pola hidup sehat
12.2  Menampilan perilaku hidup sehat

Keterangan
1.                     *) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi          sekolah
 **) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan peralatan yang tersedia
        ***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau   semester 2
2.              Untuk pembinaan peserta didik yang berminat terhadap salah satu atau beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler


E.   Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter