Pengetahuan yang akan dinilai pada pembelajaran
penjasorkes berdasarkan pendapat Baufard dan Wall dalam Allen W Burton (1998:
149) meliputi pengetahuan deklaratif (declarative
knowledge) berupa pengetahuan yang bersifat fakta tentang peraturan, hukum,
prinsip-prinsip latihan dan lainnya. Pengetahuan ini dapat diukur melalui paper and pencils test, dan interviu.
Sedangkan pengetahuan lain adalah pengetahuan procedural yang berkenaan dengan
bagaimana keterampilan dilakukan (how do
thing), tahapan serta langkah-langkahnya. Pengetahuan ini menurut Thomas
& Thomas dapat diukur dengan melalui tes lisan dan tulis, serta penampilan
fisik secara aktual (actual physical
performance).
Berikut
adalah contoh pengembangan instrument penilaian pengetahuan:
a. Menyusun
kisi-kisi instrument penilaian
pengetahuan
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Level
Pengetahuan
|
Jumlah
Butir
|
No Soal
|
Pen-skoran
|
1.
|
Menentukan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
|
a. Menyebut
jenis-jenis teknik dasar yang dapat divariasikan dan dikombinasikan
|
C-1
|
1
|
1
|
Skor 3,
jika jenis disebut secara lengkap
Skor 2,
jika jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1,
jika jenis disebut tidak lengkap
|
b. Menjelaskan
berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar
|
C-3
|
1
|
2
|
Skor 4,
jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3,
jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2,
jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1,
jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
|
||
c. Menjelaskan
cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan bola
besar (contoh; sepakbola)
|
C-3
|
1
|
2
|
Skor 4,
jika urutan benar dan lengkap
Skor 3,
jika urutan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2,
jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1,
jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap
|
||
2.
|
…………………….
|
…………………….
|
……………..
|
……..
|
……..
|
…………………….
|
b. Dari
kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk soal
uji tulis, sebagai berikut:
1. Ada
berapakah teknik dasar yang dapat kalian kombinasikan dalam permainan bola
besar (contoh sepakbola)? Sebutkan jenis-jenis teknik dasar tersebut!
2. Sebut dan
jelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar dalam melakukan
permainan bola besar (contoh sepakbola)!
3. Jelaskan
cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan bola
besar (contoh; sepakbola)!
c. Berdasarkan
hasil dari uji tulis yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan
skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3 soal
X 11 = 33) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus : P/ Max X 100
Contoh : 8/ 11 X 100
Nilai
Peserta Didik : 72,72
0 Comments
isi disini